Mengetahui Perbedaan Antara Bahan Suede dan Bludru

Apa Perbedaan Antara Suede
Dan Beludru?  Dan Manakah Antara Bahan Suede Dan Beludru Lebih Bagus?
perbedaan antara bahan beludru dan suede mana lebih unggul
"Antara Bahan Suede Dan Beludru"
Perbedaan antara Suede dan Beludru memang secara sepintas akan sulit untuk diketahui oleh orang awam, sama halnya dengan perbedaan Suede dan Nubuck.

Tetapi akan lebih mudah membedakan keduanya kalau tahu bahan dasar yang digunakan.

Cara Mengetahui Perbedaan Suede Dan Beludru

Pertanyaan ini sering dilontarkan ketika melihat kemiripan antara Suede dengan Beludru, biasanya keingintahuan itu dilanjutkan dengan pertanyaan tentang perbedaan kualitas dan perbedaan harga antara kedua material yang biasa dipakai sebagai bahan sepatu wanita tersebut. Keduanya memang memiliki penampilan yang nyaris sama, bahkan beberapa orang masih beranggapan bahwa Beludru adalah istilah lain untuk Suede begitupum sebaliknya Suede sering di sebut bahan dasar Beludru.

Padahal Suede dibuat dari bagian dalam kulit sapi atau bisa juga hewan ternak lainnya yang disamak lalu diproses melalui beberapa tahap, cukup rumit sebelum mencapai hasil akhir dengan penampilan eksklusif. Sehingga menjadi bahan pembuatan sepatu wanita yang harganya cukup mahal. Sementara Beludru pada awalnya dibuat dari serat sutra, pada perkembangannya ketika serat sutra makin sulit diperoleh, akhirnya beludru dibuat dari rayon dan katun, bahkan polyester.

Apa saja perbedaan lain antara bahan Suede dan bahan Beludru?

Suede dibuat dari bagian dalam kulit sapi, Beludru dibuat dari serat sutra tetapi kini lebih banyak dibuat dari bahan polyester dan diproduksi pabrik.

Dengan perbedaan pada bahan dasarnya, maka kualitas, cara perawatan dan harganya pun berbeda. Meskipun demikian, perbedaan tersebut tidak akan secara signifikan mempengaruhi keputusan kita untuk memilih Suede atau Beludru, karena pada umumnya kedua material tersebut tidak secara dominan digunakan sebagai bahan sepatu. Baik Suede
maupun Beludru juga digunakan untuk bahan berbagai produk seperti tas, baju dan lainnya.

Suede selain digunakan sebagai bahan untuk berbagai model sepatu wanita juga untuk beragam produk seperti tas wanita, jaket sampai pelengkap meubel air. Demikian juga dengan Beludru, bahkan penggunaan beludru lebih beragam. Pakaian pengantin adat Jawa menggunakan bahan Beludru yang dihiasi dengan bordir hingga terkesan sangat eksklusif dan elegan. Selain itu Bludru juga dipakai untuk sofa, jok mobil sampai-sampai kordin.

Baca Juga :    4 Perbedaan Jenis Bahan Denim (jeans)

Jika dihadapkan pada pilihan untuk memutuskan membeli sepatu suede atau sepatu beludru, pertimbangan utama bukan pada perbedaannya, melainkan pada keharmonisannya jika dipadukan dengan elemen-elemen lain sebagai kesatuan yang utuh. Hal ini tentu bersifat individual dan tergantung pada wawasan dan tingkat pemahaman fashion masing-masing pengguna sepatu atau tas.

Kualitas Ketahanan Suede Lebih Unggul Jika dibandingkan dengan Bahan Beludru

Soal perbedaan kualitas antara Suede dengan Beludru sebagai bahan sepatu, maka Suede yang berasal dari jenis kulit hewan jauh lebih kuat dan awet dibandingkan dengan Beludru, baik Beludru buatan pabrik maupun Beludru dari serat sutra yang ditenun secara tradisional. Letakkan sepatu berbahan Suede disamping Sepatu berbahan Beludru, kemudian jentikkan bara rokok pada masing-masing permukaan sepatu tersebut. Serabut Beludru akan terbakar lebih dulu, sementara serabut Suede tetap utuh sampai bara api tersebut padam. Kekuatan pada serabut Suede akan bertambah lagi jika secara rutin disemprot dengan Suede protector.

Baca Juga :    16 Jenis Bahan Yang Biasa Di Pergunakan Sebagai Bahan Tas

Sementara dalam hal perawatan, beludru tidak menuntut perawatan yang terlalu sulit dibandingkan dengan Suede. Di pasaran tidak ada dan tidak dijual perangkat khusus untuk merawat sepatu Beludru. Sebaliknya, banyak perangkat dari berbagai merk dijual untuk perawatan Suede, biasanya juga untuk Nubuck yang terdiri dari berbagai bentuk sikat hingga bermacam-macam kemasan cleaner dan protector.

Secara obyektif, dari segi harga Suede lebih mahal karena bahannya terbatas dan proses pembuatannya membutuhkan banyak tahap. Sedangkan Beludru diproduksi pabrik dalam jumlah besar, seberapa lebar dan panjangnya ukuran Beludru yang diperlukan tidak menjadi masalah. Tetapi Beludru yang dibuat dari serat sutra dan dikerjakan secara tradisional memiliki harga jauh lebih tinggi dibandingkan Suede, tentunya tidak digunakan untuk bahan sepatu.

Meskipun penampilan Suede dan Beludru nyaris sama, keduanya memiliki perbedaan di berbagai aspek. Satu-satunya persamaan antara Suede dengan Beludru adalah keduanya sangat rentan terhadap kotoran.

Maka dari itu jika Anda membeli produk tas atau sepatu yang dominan 80% berbahan menggunakan suede atau beludru untuk kebutuhan sehari-hari seperti pergi kuliah, ke tempat kerja ataupun aktifitas lainya, lebih baik hindarilah suede dan beludru. Namun semua itu kembali lagi ke penilaian Anda dan selera fashion masing-masing.

Semoga informasi ini bisa sedikit bermanfaat bagi Anda semua. Terima Kasih

SUBSCRIBE UNTUK BERLANGGANAN
Terimakasih atas kunjungannya, jika menurut kamu artikel ini bermanfaat jangan lupa subscribe dan bagikan ke yang lain.😉

Posting Komentar untuk "Mengetahui Perbedaan Antara Bahan Suede dan Bludru"