Sejarah Penemuan Resleting Oleh "Gideon Sundback"

Ritsleting (kadang-kadang juga disebut retsleting, seleretan, kancing seleret) adalah alat populer untuk menyambung dua sisi kain. Ritsleting digunakan dalam pakaian, koper dan berbagai tas, alat-alat olahraga, perlengkapan bertenda (tenda, kantong tidur), dan benda-benda dari tekstil, kulit, dll.
Sejarah Penemu Restsleting Pertama
Restsleting Y
Pada umumnya ritsleting terdiri dari dua potong kain, yang masing-masing ditempatkan pada salah satu sisinya untuk kemudian disambungkan dengan puluhan atau ratusan gigi dari metal atau plastik.

Penariknya, yang dioperasikan dengan tangan, bergerak sepanjang deretan gigi-giginya. Di dalam penariknya terdapat sebuah saluran berbentuk Y, yang menyambungkan atau memisahkan barisan gigi yang berhadap-hadapan, tergantung arah gerakannya. Gesekan penariknya pada gigi-giginya menyebabkan bunyi yang khas. Ritsleting disukai orang karena menolong mempercepat orang mengancingkan atau membuka pakaian, tas, sepatu, dll. Dibandingkan apabila orang harus menggunakan tali atau kancing.

Penemu Restsleting Pertama Gideon Sundback
Gideon Sundback (lahir 24 April 1880 meninggal 21 Juni 1954 pada umur 74 tahun) adalah seorang insinyur listrik berkebangsaan Swedia-Amerika Serikat. Ia sering dikaitkan dengan penemuannya dalam pengembangan ritsleting. Pada tahun 1905.

Penemu Risleting Gideon Sundback

Gideon Sundback
lengkapnya Otto Fredrik Gideon Sundback merupakan insinyur listrik berkebangsaan campuran Amerika Swedia. Gideon Sundback sering dikaitkan dengan prestasinya dalam penemuan dan pengembangan ritsleting (retsleting / zipper).
Gideon Sundback  Penemu  resleting
Gideon SundBack & Penemuannya
Tanggal Selasa 24 April 2017 merupakan ulang tahun Gideon Sundback yang ke 137. Tanpa jasa beliau, mungkin busana yang kita kenakan tidak akan mempunyai retsleting canggih seperti sekarang ini. beliau Iahir di Swedia, dia adalah anak dari Jonas Otto Magnusson Sundback, seorang petani kaya, sang ibu bernama Kristina Karolina Klasdotter.

Penemu Risleting Beguna Untuk Kemajuan Dunia Fashion

Setelah menghabiskan masa studinya di Swedia. Sundback pindah ke Jerman, dimana ia belajar di sekolah politeknik di Bingen am Rhein. Pada tahun 1903, Sundback mengambil ujian insinyur nya. Pada tahun 1905, ia pindah ke Amerika Serikat. Di Amerika, Gideon Sundback mulai bekerja di Westinghouse Electric dan Manufacturing Company di Pittsburgh, Pennsylvania. Setahun kemudian, ia dipekerjakan oleh Universal Fastener Company di Hoboken, New Jersey.

Pada tahun 1909, Sundback menikahi Elvira Aronson, putri dari manajer pabnk kelahiran Swedia, selanjutnya Sundback dipromosikan ke posisi kepala desainer di Universal Fastener. Meskipun bukan pencetus pertama dari ritsleting, Gideon Sundback telah membuat beberapa kemajuan dalam pengembangan ritsleting antara 1906 dan 1914. Dia bertanggung jawab untuk meningkatkan "Judson Ccurity Fastener”. Saat itu produk perusahaan masih berdasarkan kait dan kancing. Sundback mengembangkan versi perbaikan dari C-curity, yang disebut "Plako".

Ia meningkatkan jumlah elemen pengancing dari empat per inci sampai sepuluh atau sebelas. Penemuan-nya memiliki dua baris gigi berhadapan yang ditarik ke dalam satu bagian dengan slider, dan meningkatkan pembuka untuk gigi yang dipandu oleh slider. Di tahun 1914 Sundback mengembangkan sebuah versi baru dengan kode nama "No Hookless 2", yang merupakan logam ritsleting modern seperti yang kita kenal sekarang ini.

Gideon Sundback Penemu Risleting

Atas penemuannya ini, beliau dihadiahi paten Amerika Serikat no. 1219881 untuk "Fastener Separable" dikeluarkan pada tahun 1917. Ritsleting sendiri dipopulerkan pada tahun 1923 oleh BF Goodrich, setelah dipasang pada produk sepatu boot mereka.

Dua puluh tahun kemudian, industri fashion mulai menerapkan penggunaan ritsleting, tepatnya di masa Perang Dunia II dimana para tentara mulai menggunakan celana panjang dan baju dengan ritsleting modern.

Itulah kisah singkat penemu risleting yang sekarang sudah banyak kita temui terutama di setiap produk mode fashion seperti tas, baju, celana dan lain lain.

Posting Komentar untuk "Sejarah Penemuan Resleting Oleh "Gideon Sundback""