Apa Itu Premium Account BukaLapak?

Bukalapak baru saja meluncurkan fitur bernama Premium Account. Fitur ini bisa membantu Pelapak mengelola Iapaknya dalam meningkatkan penjualan serta performa lapak melalui fitur-fitur yang disediakan dalam Premium Account.
Fitur Premium Account Bukalapak
Fitur "Premium Account" BukaLapak
Fitur ini tidak bisa didapatkan secara gratis, jika ingin mengaktifkannya kamu harus berlangganan terlebih dahulu. Bukalapak menyediakan 3 kategori dari Premium Account dengan kelebihannya masing-masing, yakni :

  • BASIC
  • PROFESIONAL
  • PLATINUM

Dari ketiga pilihan tersebut, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan lapakmu. Pada artikel ini, saya akan membahas terlebih dahulu Premium Account kategori BASIC.
Tersedia tiga premium account. Basic, profesional, platinum
Premium "Account Basic"
Keuntungan Lapakmu Jika Berlangganan Premium Account BuakaLapak
Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berlangganan Premium Account Basic ini karena Bukalapak memberikan fitur-fitur khusus yang berguna untuk mengelola lapakmu. Agar semakin baik sehingga omzet penjualan akan meningkat. Berikut ini adalah penjelasan mengenai fitur-fitur pada Premium Account Basic:

  •    Grafik Transaksi
Kamu bisa melihat grafik performa transaksi berdasarkan Jumlah Transaksi atau Total Nilai Transaksi, sesuai periode yang kamu pilih. Data yang bisa ditampilkan dalam grafik adalah data setahun terakhir, jadi saat pertama kali mengakses fitur ini membutuhkan waktu beberapa saat untuk memproses data performa lapakmu.
Grafik Transaksi Omzet Bukalapak Premium
Ilustrasi Periode dan Omzet  dari Grafik Transaksi
Grafik yang bagus adalah grafik dengan performa yang terus meningkat. Untuk membuat grafik semakin baik, tentu tergantung strategi berjualan yang kamu pakai.

  •    Tabel Rekap Transaksi
Tabel Rekap Transaksi menampilkan informasi transaksi barang yang terjual setiap harinya. Data yang ditampilkan nanti dalam bentuk tabel, seperti dalam file excel secara detail. Seperti informasi tanggal, nomor transaksi, nama barang, harga hingga nomor resi. Tabel ini bisa kamu setting berdasarkan periode tanggal tertentu dan bisa langsung kamu download secara mudah.
Tabel Rekap Transaksi Penjualan Account Premium Bukalapak
Ilustrasi Gambar Tabel Rekap Transaksi
Kamu tidak perlu lagi merekap data penjualan secara manual. Cukup gunakan saja fitur ini.

  •    Omzet/Pendapatan
Kamu bisa menampilkan informasi omzet atau pendapatan selama waktu yang kamu inginkan. Dengan fitur ini, bisa diketahui jumlah pendapatan dengan lebih mudah, sehingga efektif untuk menghitung untung dan rugi usahamu ini.
Omzet Penjualan Account Premium Bukalapak
Ilustrasi Omzet/Pendapatan Toko

  •     Inventaris Barang
Pada fitur lnventaris Barang, kamu bisa menampilkan informasi terbaru mengenai daftar barang yang kamu miliki. Fitur ini bisa kamu olah lagi dengan menampilkan informasi barang apa saja yang sudah terjual, barang mana yang sudah habis, dan berapa sisa stok masing-masing barang yang kamu jual.
Inventaris Barang Account Premium Basic
Ilustrasi Inventaris Barang
Dengan melihat daftar lnventaris Barang, kamu bisa melihat barang mana yang masih banyak stoknya. ltu berarti kamu harus lebih gencar berpromosi di Bukalapak melalui Push dan Push Keyword. Kamu pun bisa melihat mana stok barang yang tinggal sedikit, itu berarti kamu perlu menambah persediaan stok.

Sementara untuk barang yang kurang laku, kamu bisa memutuskan apakah di-set tidak djiual dan lebih fokus berpromosi dengan barang yang paling laku. Semua tergantung strategi yang kamu jalankan.

  •     Skor Performa Pelapak
Fitur ini bisa menampilkan informasi mengenai nilai performa lapak yang ditamplkan di halaman lapakmu. Skor Performa Pelapak berbeda dengan Reputasi pada MyLapak, di mana hanya kamu saja yang akan mengetahui nilainya. Sementara Skor Performa Pelapak bisa dilihat oleh calon pembeli.
Peningkatan Penjualan Account Premium Bukalapak
Ilustrasi Skor Performa Pelapak
Dengan nilai Skor Performa Pelapak yang bagus akan meningkatkan kepercayaan pembeli. Skor Performa Pelapak yang dihitung berdasarkan parameter tertentu, seperti jumlah transaksi, feedback, langganan, waktu kirim dan lainnya.

Jika nilai Skor Performa Pelapak mencapai 90, maka kamu akan mendapatkan label Pelapak Terbaik. Bagaimana cara mencapainya? terus tingkatkan reputasimu, layani pembeli dengan baik dan cepat.


  •     Badge Pelapak Premium
Fitur ini menampilkan emblem Akun Premium sebagai reputasi yang tampil di halaman barang dan lapak kamu. Menyambung fitur yang sebelumnya, label Pelapak Terbaik ini hanya muncul kepada Lapak yang memiliki skor di atas 90.
Tampilan Budge Account Premium Basic Bukalapak
Ilustrasi Badge Premium Account 


Cara Berlangganan Premium Account Bukalapak

Fitur baru Premium Account hanya tersedia hanya dalam versi desktop saja. Untuk berlangganan Premium Account ini sangat mudah, lho.... Kamu bisa mengaksesnya melalui Menu Utama saat sudah login di Bukalapak. Caranya?

1. Klik Icon bergambar chart (grafik) seperti pada gambar di bawah ini.
Icon Chart Grafik Penjualan Account Premium Basic Bukalapak

2. Setelah klik, maka akan muncul informasi mengenai 3 Premium Account yang bisa kamu pilih, untuk sementara hanya tersedia versi Basic. Klik "Selengkapnya" untuk mengetahui informasi fitur-fitur serta kelebihan yang didapat dari fitur yang kamu pilih.
Premium Account
Account Premium Basic Bukalapak
Premium Account Basic
3. Klik tombol "Berlangganan Premium Account" untuk berlangganan. Setelah itu lakukan transaksi seperti kamu membeli barang di Bukalapak.

4. Perhatikan gambar di bawah, kamu bisa membeli periode berlangganan. Akan terdapat keterangan periode berlakunya "Premium Account" (30 hari). Lalu centang kolom "Syarat dan Ketentuan program langganan otomatis”. Setelah itu kamu klik "Lanjut".
Pilihan Paket Dan Harga Premium Account Bukalapak
Paket "Premium Account"
5. Segera transfer transaksi kamu dengan pilihan Metode Pembayaran seperti biasa, lakukan transfer tepat hingga digit terakhir, sesegera mungkin. History transaksi untuk Premium Account ini juga akan terekam pada akun di bagian MyLapak.
Ilustrasi Gambaran Transaksi Penjualan Produk Account Premium Bukalapak
Ilustrasi Transaksi Premium Account Basic
Transaksi history penjualan produk di bukapakan dengan Account Premium
Ilustrasi Rekap History Transaksi Premium Account Basic Bukalapak
6. Jika transaksi sudah dinyatakan Dibayar oleh sistem Bukalapak, kembali ke menu Premium Account. Dashboard Premium Account akan muncul pada akun Bukalapakmu dengan fitur-fitur yang sudah dijelaskan di atas.

7. Untuk kamu yang sudah jadi Pelapak Premium sebelum September 2016, akan ada tombol "Aktifkan Perpanjangan Otomatis" di dashboard. Klik tombol tersebut untuk mengaktifkan perpanjangan paket secara otomatis pada akhir masa aktif paket premium.
Tampilan Dashboard Account Premium Bukalapak
Dashboard "Premium Account"
8. Kamu bisa berhenti berlangganan Premium Account kapan pun, tetapi keuntungan paket premium tetap dapat dinikmati hingga masa aktif paket berakhir. Untuk berhenti langgnan, klik "lnformasi Berlangganan" dan pilih "Berhenti Berlangganan
Tampilan Data penjualan Account Premium Basic Bukalapak
Dashboard Premium Account
Dashboar Account Premium Bukalapak
Dashboard Premium Account

9. Kamu akan masuk ke halaman "Berhenti Berlangganan". Klik "Berhenti Langganan Premium Account"jika ingin berhenti langganan, atau klik "Kembali” untuk melanjutkan langganan paketmu.
Memulai Berhenti Berlangganan Account Premium Basic Bukalapak
Halaman "Berhenti Langganan"
Harga untuk berlangganan Premium Account Basic ini adalah Rp100.000/30 hari. Periode 30 hari akan dihitung setelah pembayaran berlangganan kamu terkonfirmasi. Setelah masa periode 30 hari tersebut habis, paket akan diperpanjang secara otomatis kecuali saldo Buka Dompet kamu tidak cukup untuk membayar biaya perpanjangan, atau kamu memutuskan untuk berhenti berlangganan. Silahkan berlangganan kembali untuk menikmati fltur-fiptur premium.

Untuk syarat dan ketentuan berlangganan "Premium Account" bisa kamu Iihat di bawah.
Update per 1 September 2016
Syarat dan Ketentuan Terbaru Berlangganan Paket Premium Account.
  • Mulai awal September 2016 perpanjangan paket premium akan dilakukan secara otomatis dengan pemotongan saldo Buka Dompet (jika saldo mencukupi) untuk membayar biaya perpanjangan.
  • Jika pada waktu perpanjangan paket saldo Buka Dompet tidak cukup, paket premium akan dihentikan. Pelapak dapat berlangganan kembali dengan membeli paket premium baru.
  • Pastikan saldo Buka Dompet memiliki saldo yang cukup untuk melakukan perpanjangan.
  • Pelapak dapat memutuskan berhenti berlangganan kapan pun. Keuntungan paket premium tetap dapat dinikmati hingga masa aktif paket premium berakhir.
  • Pelapak yang sudah berstatus premium sebelum September 2016, paketnya tidak akan diperpanjang secara otomatis, kecuali:
  •       Pelapak mengaktifkan perpanjangan otomatis (opsi tersedia di dashboard premium).
  •       Pelapak membeli paket premium kembali.
  • Untuk penggunaan pertama kali, pelapak berkesempatan untuk mencoba Premium Account Basic selama 7 hari secara gratis. Setelah 7 hari, Premium Account akan diperpanjang secara otomatis. Perpanjangan otomatis ini akan memotong saldo Buka Dompet jika mencukupi.

Dengan berlangganan fitur Premium Account, kamu akan semakin terbantu dalam mengelola lapakmu dan bisa menemukan insight insight baru dalam melakukan strategi penjualan sekaligus bisa meningkatkan omzetmu. Ayo, coba Premium Account sekarang juga, login di Bukalapak dan berlangganan di sini.

Sumber : Blog.BukaLapak.Com

Posting Komentar untuk "Apa Itu Premium Account BukaLapak?"