Disqus

Perbandingan JNE dan J&T Mana Lebih Cepat Sampai?

Mana lebih Cepat Pengiriman paket menggunakan jasa courir J&T atau JNE?
Perbandingan Kecepatan Antara JNE DAN J&T
JNE Vs J&T
Mari kita bahas lebih dalam mengenai alur sistem yang di pakai J&T dan JNE.

Namun sebelumnya kalian harus tahu terlebih dahulu agar tidak ada kesalah pahaman yang tidak diinginkan.

Jika J&T dibandingkan dengan JNE. J&T tergolong masih pemain baru. Expedisi Jasa Courir, Service dan Packing J&T Express ini diresmikan pada tahun 2015, tepatnya 20 Agustus 2015, mendirikan Kantor Pusatnya di Pluit Jakarta Utara.

Sedangkan JNE di dirikan sudah termasuk cukup lama, yaitu tahun 1990 dan mulai diresmikan sebagai jasa courir pada tahun 199, hingga saat ini sudah mencapai ribuan agen atau cabang di seluruh kota-kota di Indonesia.

Nah logikanya JNE sebagai pemain lama tentu sudah lebih banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Karena belakangan ini saya sering mengirim paket yang sebelumnya menggunakan jasa antar JNE, TIKI dan Pos. Dikarenakan semakin banyaknya customer yang pesan melalui online ingin paket pesanannya cepat sampai tujuan, maka sayapun membutuhkan jasa pengiriman yang lebih cepat sampai dan tidak banyak kendala selama proses pengiriman.

Perbandingan JNE dan J&T Manakah Menurut Kamu Lebih Cepat?

Setelah mencoba beberapa jasa pengiriman maka pilihan saya jatuh kepada J&T Express. Memang saat ini J&T belum banyak diketahui oleh masyarakat dan jaringannya pun belum seluas seperti JNE. Namun yang membuat J&T lebih baik dari JNE adalah sistem alur kerja pengirimannya yang lebih rapi.

J&T sendiri bila dibandingkan dengan JNE tentu sangat jauh perbedaannya tapi untuk masalah ketepatan waktu dan sistem kerjanya lebih sistematis dan terjadwal sehingga orang awam pun dapat mudah mengerti. Karena tersistem secara baik maka proses pergerakan paket pun dapat dipantau dan diprediksi kapan bakal sampai di tujuan (diluar kendala teknis atau Force Majeure).

Perbandingan Antara JNE dan J&T

Setelah mencoba beberapa kali pengiriman via J&T saya pun dapat menyimpulkan bahwa untuk saat ini (sampai tulisan ini ditulis) J&T lebih cepat daripada JNE. Untuk memudahkan analisa kenapa J&T lebih cepat daripada JNE, maka saya sajikan gambar alur kerja sistem pengiriman J&T yang diolah dari berbagai sumber.

"Diagram adalah ilustrasi paket telah sampai daerah tujuan dengan contoh rute pengiriman Jakarta - Palembang (PP)".
Alur Kerja Pengiriman
Terlihat dari diagram diatas bahwa garis besar sistem pengiriman J&T terdiri dari 4 bagian utama, yakni ;

NOMOR KETERANGAN

1. Paket telah tiba di daerah tujuan (keluar dari kargo bandara).

2. Paket dibawa ke gateway atau gudang penyimpanan untuk disortir berdasarkan alamat tujuan masing-masing.

3. Setelah berhasil disortir paket kemudian di distribusikan ke masing-masing Drop Point J&T yang tersebar di berbagai tempat di kota tujuan. (biasanya Drop Point ada di setiap kecamatan)

4. Paket sampai di Drop Point kemudian langsung di antarkan oleh kurir ke alamat tujuan yang berada di area pengantaran masing-masing Drop Point tersebut.

Kemudian, yang menjadi pertanyaan apa rahasia J&T lebih cepat daripada JNE? Jawabannya ada 2 yaitu Drop Point dan pengiriman/pengantaran yang terjadwal.

Drop Point J&T

Untuk ukuran consumer courier J&T itu unik karena mereka tidak membuka agen dengan sistem franchise dimana setiap orang dapat menjadi partner untuk membuka agen-nya masing-masing. J&T memiliki sistem sentralisasi agen yang dinamakan Drop Point yang berfungsi sebagai hub (penghubung) antara pengiriman dan pengantaran paket dari pelanggan.

Drop Point ini biasanya terletak di setiap kecamatan dan untuk kota besar jumlahnya bisa lebih dari satu. MisaIkan untuk Palembang sendiri, Drop Point J&T ada di hampir setiap kecamatan sehingga akses pengiriman dan pengantaran paket ke alamat tujuan menjadi lebih dekat.

Setiap Drop Point J&T memiliki sprinter atau kurir-nya masing-masing sehingga tidak ada istilah Drop Point hanya sebagai tempat untuk menerima paket saja.

Pengiriman/Pengantaran Yang Terjadwal

Memang setiap jasa ekspedisi pengiriman pasti memiliki aturan pengiriman dan penganturan yang terjadwal tapi J&T yang saat ini mungkin paling tepat waktu. Setiap paket yang tiba dalam jam kerja langsung diteruskan ke Drop Point atau langsung diantarkan oleh kurir jika telah sampai di Drop Point.

Untuk memudahkan ilustrasi diatas dapat dilihat alur pergerakan paket untuk nomor resi salah satu paket salah satu kiriman saya dari Jakarta ke Palembang ;
Tracking Sistem J&T
Berdasarkan cek resi J&T diatas khususnya pada tanggal 13 Januari 2017 ketika paket tiba di Palembang pada jam 12.55 WIB tak sampai 1 jam kemudian paket langsung diantarkan ke Drop Point Seberang Ulung | (13:43 WIB) dan pukul 14:45 paket tiba di Drop Point dekat rumah Customer tersebut.

Nah, disini adalah kunci dari sebuah jasa pengiriman! Berselang 20 menit paket yang telah tiba di Drop Point langsung diantarkan oleh sprinter (kurir) Drop Point ke rumah tanpa pending atau ditunda ke hari berikutnya. Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan JNE, misalkan, bahwa kalau paket tiba disiang atau sore hari maka paket tidak akan langsung diantarkan bahkan disimpan dulu di gudang penyimpanan. Baru besoknya paket tersebut ditugaskan ke kurir untuk diantar.

Masalahnya kemudian, banyak kurir JNE yang lama mengantarkan paket ke alamat tujuan (bisa berhari-hari kemudian)

Iseng-iseng, saya tanyakan ke pimpinan Drop Point J&T di daerah saya di Jakarta tepatnya di daerah sentiong Jakarta Pusat. Kok bisa J&T Iebih cepat dari JNE? Dia bilang bahwa khusus di Drop Point tujuan Seberang Ulu l (area dia) semua paket yang tiba di jam kerja (08:00 s/d 17:00) dari Warehouse J&T harus dihabiskan hari itu juga dan tidak ada paket yang tersisa di Drop Point.

Jadi, kalau ada paket yang masuk dari Warehouse J&T Palembang ke Drop Point Seberang Ulu l pada jam 16:00 WIB, misalkan, maka akan langsung diproses antar oleh sprinter (kurir) dari Drop Point. Sebaliknya jika ada paket yang tiba diluar jam kerja maka akan disimpan dahulu di Drop Point dan pagi hari jam 08:00 harus sudah ada di tangan kurir untuk diantarkan ke alamat. Luar biasa bukan? mungkin saja sistem ini berlaku untuk semua Drop Point yang ada di wilayah Anda.

Oleh sebab itu, untuk sekarang Jika harus melakukan pengiriman paket/ barang saya selalu mengutamakan pakai J&T daripada ekspedisi yang lain, karenan memang permintaan dari pelanggan toko offline dan online sayapun semakin banyak. Kecuali untuk pengiriman CTC (City To City) antar kota dalam provinsi saya masih setia menggunakan Pos Indonesia yang sejauh ini sudah terbukti 1 hari sampai.

Demikianlah rahasia kenapa J&T lebih cepat daripada JNE! Semoga layanan dan kualitas tetap terjaga dan tidak tergadaikan seiring semakin besar dan populernya J&T di kemudian hari.
Admin Admin hanya seorang karyawan biasa di sebuah toko kelontong, mencoba peruntungan sebagai CEO Blogger recehan..

0 Response to "Perbandingan JNE dan J&T Mana Lebih Cepat Sampai?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel