Disqus

Cara Berjualan Di Shopee Dengan Benar, Untuk Para Pemula

PGSJJAKARTA.COM  Di jaman era digital ini segala sesuatu bisa dilakukan secara cepat, mudah dan tentu sangat praktis, dari mulai melakukan transaksi pembayaran, menggunakan transportasi umum, bahkan sewaktu ingin membeli barang, seperti, gadget, kebutuhan rumah tangga, makanan, dll. Hal itupun bisa kita lakukan melalui online. Artinya apapun kebutuhannya bisa di pesan melalui internet.

Bisnis Online Jual Beli Lebih Mudah Hanya Di Shopee.id
Cara Daftar dan Mulai Berjualan Di Shopee.id Untuk Pemula
Bisnis Online Jual Beli Shopee.id
Nah berhubung kian hari pengguna internet kian meningkat tajam, apa salahnya jika kita yang biasanya sebagai konsumen atau buyer di salah satu toko yang ada di dalam situs ecommerce Shopee, kita-pun bisa ikut serta mencoba peruntungan sebagai pedagang. Sebagai pengguna Shopee yang sudah terbiasa melakukan pembelian dan transaksi pembayaran tentu akan menjadi nilai plus, karena akan lebih mempermudah registrasi awal dan aktivasi tahap demi tahap. Pada intinya. Ibarat, dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan.

Berjualan melalui internet alias online menjadi salah satu solusi meningkatkan omset penjualan. Dimana berjualan online belakangan ini menjadi informasi yang banyak dicari oleh mereka yang suka berdagang atau memiliki jiwa dagang yang kuat, tujuannya tidak lain adalah mempromosikan barang dagangannya agar mampu menjangkau konsumen lebih luas.

Sejak media internet mulai menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di kota-kota besar, telah muncul berbagai peluang baru dalam mencari keuntungan, salah satunya adalah situs ecommerce www.shopee.id atau aplikasi mobile marketplace jual beli online yang mempermudah interaksi dan transaksi jual beli menjadi lebih mudah dan praktis bagi yang menggunakan.

Sebelum melangkah ke tutorial cara bejualan di shopee, mari sedikit saja kita bahas tentang shopee.

Aplikasi Shopee merupakan sebuah aplikasi mobile yang mempermudah siapapun yang ingin menjual ataupun membeli berbagai produk langsung dari Smartphone. Apalagi saat ini Shopee tidak hanya menjangkau produsen dan konsumen di Indonesia saja, akan tetapi juga telah sampai di Singapura, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam. Shopee mulai masuk Indonesia sekitar bulan Mei-2015 dan menjadi aplikasi mobile marketplace pertama dengan konsep C2C (konsume to konsumen) sekaligus menjadi aplikasi dengan pengguna terbanyak. Saat ini Baca lebih lengkap : Mekanisme Bisnis C2C.

Apakah kalian juga tertarik berjualan produk melalui shopee?

Nah jika kalian tertarik, mari kita bahas cara membuka toko online dan mulai berjualan di Shopee.id

Pertama tentu saja kalian download terlebih dahulu Aplikasi Shopee dari Google Play atau App Store agar mempermudah aktivasi tahap demi tahap.

Jika sudah terinstal buka Aplikasi Shopee ⇨ Lakukan Registrasi. Lihat Gambar.
Tutorial berjuakan di shopee dengan benar
Masuk atau Daftar akun Shopee
Register mengunakan No Handphone
  1. Masukan Nomor Handphone aktif
  2. Masukan kode verifikasi yang telah dikirimkan oleh shopee melalui pesan sms.
Di tahap ini akun shopee kamu sudah aktif, dan bisa digunakan hanya sebagai konsumen atau sebatas digunakan untuk berbelanja dari toko lain.

Jika tujuan kalian untuk berjualan maka akan lebih baik mengisi ulang data diri seperti gambar di bawah ini.
Profil akun Shopee
Selanjutnya bagian ini sangat penting dan wajib untuk di isi datanya oleh para pedagang, karena menyangkut penghasilan atau pencairan dana dan biaya kirim sesuai alamat yang akan di tetapkan oleh sistem shopee. Jika tidak melakukan aktivasi rekening bank dan alamat, tidak akan berjalan dengan lancar. Berikut Caranya;

Siapkan Rekening Bank Shopee
Cara mengatur Aktivasi Rekening Bank di Shopee
Aktivasi Rek Bank Shopee
Memanbahkan nomor rekening kedalam akun toko shopee, pungsinya adalah jika Anda telah selesai memproses (mengirim) pesanan pembeli. Dan status order dinyatakan telah selesai, maka secara otomatis saldo akan masuk ke fitur ShopeePay. Setelah itu Anda bisa menggunakan atau mancairkan saldo tersebut ke rekening bank yang Anda miliki.

Aktivasi Rekening Bank Shopee
  1. Klik Lingkaran Roda Gigi.
  2. Pilih Rekening Bank.
  3. +Tambah Rekening Bank Baru (lihat gambar di bawah)
Cara Aktivasi Rekening Bank Shopee.id
Aktivasi Rekening Bank Shopee.id
Selanjutnya masukan nomor handpone, pastikan aktif untuk mendapatkan kode verifikasi, klik Lanjut (lihat gambar)
Cara Lengkap Aktivasi Rekening Bank Shopee
Aktivasi Verifikasi Rek Bank Shopee
Tunggu beberapa saat kamu akan mendapatkan 6 bijit kode verifikasi melalui pesan sms atau saluran telepon. Jika sudah masukan segera (lihat gambar)
Kode OTP pendaftaran rekening Bank shopee
Aktivasi Kode Verifikasi Rek Bank Shopee
Klik Lanjut.

Isi data berikut ini :
  1. Masukan Nama sesuai Rekening Bank
  2. Isi Nomor Rekening Bank
  3. Pilih Nama Rekeking Bank
  4. Masukan Kota Tempat Tinggal
  5. Masukan KCP (Kantor Cabang Pembantu) Sesuai Wilayah Saat Pembukaan Buku Bank.
Terakhir jangan lupa klik atur sebagai Rekening Utama.
Aktivasi pengisian data rekening bank shopee.id
Aktivasi Daftar Rek Bank Akun Shopee.id
Apabila kamu memiliki 2 atau 3 rekening bank, kamu bisa menambahkannya dengan cara yang sama seperti penjelasan diatas.

Di tahap ini aktivasi nomor rekening bank yang sudah di isi datanya nantinya akan ditinjau terlebih dahulu oleh pihak shopee, setelah peninjauan selesai akun bank sudah bisa digunakan sebagai alat transaksi pembayaran maupun pencairan dana melalui Shopepay.

Siapkan Alamat Toko Sesuai Domisilli Pengiriman
Cara memasukan Alamat Toko di Shopee
Aktivasi Alamat Toko Akun Shopee
Menambahkan alamat sewaktu pertama kali melakukan register Toko Online Shopee bukan berarti Anda mempublikasikan data pribadi ke semua orang.

Aktivasi alamat toko sifatnya private alias rahasia, pengguna shopee lain tidak akan mengetahui secara detail letak alamat toko atau rumah Anda. Hanya saja pengguna shopee lainnya bisa melihat sedikit alamat tertentu.

Seperti contohnya :
Alamat toko admin di Pusat Grosir Senen Jaya, Tk Radja Jaya Lt 3 C1 No.5 Senen, Jakarta Pusat.

Nah dari sebegitu detail alamat, pihak shopee hanya mencantumkan kotanya saja yaitu "Jakarta Pusat" untuk bisa di lihat oleh pengguna shopee lainnya.

Memasukan lamat toko lengkap juga bagian terpenting sebagai syarat berjualan di shopee, dimana salah satu aktivasi lanjutan Program Ongkir Gratis Shopee, dan mengaktifkan fitur jasa pengiriman lainnya. Tanpa memasukan alamat yang valid maka toko kamu tidak akan berjalan dengan baik.

1. Klik Roda Gigi.
2. Pilih Alamat Saya.
3. +Tambah Alamat Baru.
Cara Aktivasi memasukan Alamat Toko Akun shopee.id
Pengaturan Isi Alamat Toko Shopee
  1. Masukan Nama Diri
  2. Sertakan Telp atau Nomor Hp
  3. Pilih Provinsi
  4. Pilih Kota / Kabupaten
  5. Pilih Domisili Kecamatan
  6. Kode Pos
  7. Ulangi dengan cara mencantumkan alamat secara manual
  8. Klik Pilih Lokasi Map (lihat gambar di bwah ini).
Cara Isi formulir alamat toko akun shopee
Isi formulir toko shopee sesuai domisilli
Alamat Map akan mencari lokasi secara otomatis sesuai alamat yang sudah di buat sebelumnya. Jika alamat yang kamu masukan tidak di temukan di dalam peta, klik arah panah atas di kolom pencarian Map "Cari Lokasi Alamat". Selanjutnya Klik Konfirmasi (lihat gambar).
Lokasi Map Alamat Toko Akun shopee.id
Lokasi Map Toko Online Shopee
Alamat Toko Akun Shopee kamu sudah selesai. Kamu bisa langsung mengaktifkan fitur lainnya seperti mengikuti Program Gratis Ongkir Shopee. Dan memilih jasa pengiriman J&T, JNE, POS, Gosend. Baca di sini : Cara Mengikuti Program Gratis Ongkir Shopee

Upload Produk dan Mulai Berjualan di Shopee

Setelah mengisi data Rekening Bank dan Alamat domisilli toko sesuai dimana anda tinggal, selanjunya mulai upload foto produk yang akan di jual. Caranya sebagai berikut :
Upload produk ke shopee
  • Buka aplikasi Shopee
  • Tambah Produk Baru
Tutorial berjualan melalui shopee
Upload Foto Produk
Seperti petunjuk gambar diatas Pilih Dari Galeri.
Cara berjualan di Shopee dengan benar
Iframe Foto
  1. Masukan Foto Produk
  2. Buat Nama Produk
  3. Beri Caption atau penjelasan tentang produk anda sedetail mungkin.
Tips :
Pertama : Upload gambar produk minimal 4 atau sekaligus maksimal 9 (sembilan gambar) akan lebih baik lagi jika menggunakan foto dengan background warna putih agar produk yang anda jual terlihat lebih profesional

Kedua : Beri nama produk sesuai foto, Contoh : "Tas Pesta", atau bisa dengan nama barang yang sedang anda jual. Masukan Caption atau penjelasan sepert contoh sederhananya di bawah ini ;

Descripsi :-
  • Merek : Farnell
  • Kategori : 3 in 1, Hand Bag | Pouch | Selempang
  • Bahan : Gliter_ Kerangka Stainless
  • Ukuran : Lebar 23 x Tinggi 13 x Ruang 10 (cm)
  • Tangkai : Bisa di lepas dan pasang kembali
  • ACc : Tersedia tali rantai panjang
  • Dll
#taspesta#taswanita#tasfashion#tasmurah#tasgrosir#handbag#

Di atas hanya sebagai contoh saja, Anda bisa membuat keterangan sesuai selera, menambahkan icon dan lain lain, namun jangan lupa setelah caption selalu disertai #hastag sesuai produk jualan.

Catatan :
  • Jangan sesekali meletakan Nomor Hanpone, kontak WhatsApp, alamat media sosial seperti Instagram atau Facebook di dalam Caption atau keterangan produk Shopee. Baca lebih lanjut : Produk dianggap tidak sah oleh Shopee.
Memahami Pungsi Fitur Posting Produk Shopee

Selanjutnya mari kita kenali fitur pendukung yanga ada pada shopee, agar tampilan sekaligus penjelasan produk yang kita jual bisa lebih memudah di pahami bagi pengunjung atau pengguna shopee lainnya. (Lihat Gambar)
Cara berjualan di shopee
Fitur Aplikasi Shopee.id

1. Kategori

Pilih kategori mana yang ada hubungannya dengan produk jualan anda, Contohnya: Tas Pria, Ransel = BackPack, Tas Wanita, Tas tangan = Hand Bag dan lain lain.

2. +Variasi
Klik tanda + Variasi, lalu akan muncul kolom lainnya, isikan dengan warna produk ⇨ Harga Produk ⇨ Stok Produk. Jika produk yang anda jual misal ada 5 warna, anda harus klik tanda + variasi hingga 5 kali dan isi kolom tersebut sesuai stok barang dan warna lainnya.

3. Atur Harga Grosir
Ataur Harga Grosir jika produk anda anda perlu mencantumkannya, Contohnya : Jika prouduk yang Anda jual seharga 150.000 isikan mininal pembelian 3 - 6 lalu cantumkan harga Grosir dibawah 150.000. Misal 140.000
3. Ongkos Kirim
Aktifkan juga fitur ongkos kirim, selanjutnya pilih jasa pengiriman mana yang menurut anda bisa di jangkau JNE, J&T, Pos Atau Go-Send untuk di aktifkan atau non aktifkan.

4. Atur Berat
Atur berat produk shopee maksimal 1000 gram = 1 kg. Artinya shopee sudah menerapkan 1000g = 1 kg, walaupun JNE atau J&T memiliki nilai maksimal yang berbeda yaitu maksimal berat 1,3 gram masih di hitung 1 kg. Nah apabila produk yang Anda jual memiliki berat 1100 gram, artinya lebih dari berat maksimal yang diberikan oleh shopee 1000 g. Jadi masukan saja berat produk 1000. kalo di masukan berat 1100 gram akan terlihat oleh pengunjung yaitu terhitung 2kg.

5. Pre Order
Fitur ini memungkinkan anda memberi tahu pengguna shopee lain secara otomatis, bahwa produk tertentu cepat atau lambatnya di kirim dalam waktu yang sudah di tentukan oleh penjual, biasanya batas maksimal 7 (tujuh) hari setelah pelanggan melakukan Order.

Note :
Untuk fiur Pre Order dan Grosir tidak harus di isi atau tidak wajib di aktifkan, bisa dibiarkan saja jika tidak perlu.
Apabila semua sudah selesai maka klik tanda ceklis di bagian kanan atas lingkaran biru (lihat petunjuk gambar diatas)

Di tahap ini aktivasi Toko Online Shopee Anda sudah selesai. Hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mempromosikan produk jualan dengan cara membagikan tautan melalui media, dan memperbanyak pengikut akun toko shopee Anda. Untuk memperbanyak pengikut shopee dengan mudah Baca di Sini : Cara Sederhana Menambah Pengikut Akun Shopee

Berikut Contoh Produk Jualan Shopee setelah selesai aktivasi, tampilan produk akan sepertu ini. (Lihat Gambar)
Tutorial berjualan shopee
Naikan Produk
Agar produk yang kita jual muncul di Timline pengguna shopee lain, klik Naikan Produk (kolom yang sudah di lingkari), untuk mengiklankan. Fitur ini akan berhenti setiap 4 (empat) jam sekali, maka ulangi setiap 4 jam berikutnya. Untuk menfaktifkan fitur ini Secara Otomatis Baca di Sini : Tool Auto Promo Shopee.

Itulah cara berjualan di situs e-Commerce atau Aplikasi Marketplace Shopee.

Jika ada kesalahan cara atau kekeliruan dalam penyampaian kata, mohon di koreksi, dengan cara meninggalkan komentar di postingan ini. Sekian dan Terima Kasih

15 Responses to "Cara Berjualan Di Shopee Dengan Benar, Untuk Para Pemula"

  1. Halo mau tanya, sy baru buka toko di shopee dan sdh ad yg order, dan dapat subsidi gratis ongkir. yg saya gatau, ini sy kirim pesanannya langsung ke jne lalu bayar ongkir nya apa nggak? Hehe

    ReplyDelete
  2. Halo juga ka Mustika..Sebelum kirim alangkah baiknya cek dulu notifikasi pesanan pengirimannya melalui apa kalo pengiriman Jne kak Mustika mesti talangi dulu ongkirnya.. setelah dapat no resi langsung Input ke shopee. Nanti klo sudah sampai pesanannya uang ongkir dan barangnya akan secara otomatis masuk ke akun shopeepay kaka.

    ReplyDelete
  3. Halo ka mau tanya..
    Aku udh dftr program gratis ongkir di shopee dan berhasil.. Produk aku yg d aplot sblm dftr gratis ongkir sekarang jg udh berubah ad lambang mobil "Free".

    Nah aku mau tmbah produk lagi stelah d aplot tp knp tdk langsung muncul lambang mobil yg tulisan "Free" ya??

    Aku udh otak atik di filter kategory tp ga bs jg huhu..
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  4. Abadikonveksi..
    Yang di jual harga berapa ka? Logo Mobil muncul kalo harga yang di jual di atas harga yang sudah di tetapkan free ongkir. Misalnya 100rb keatas. Klo produk 35rb tidak akan muncul logo mobilnya. Terimakasih

    ReplyDelete
  5. mau tanya, seandainya gratis ongkir itu ongkirnya di tanggung siapa yah ?

    ReplyDelete
  6. Untuk pengiriman JNE ongkir di talangi dulu gan/tanggung penjual. Nanti setelah barang sudah sampai baru dapat kembalian ongkir yang sebelumnya di talangi. Klo pengiriman JNT tanpa dana talangan, tinggal bilang sja pesanan shopee.

    ReplyDelete
  7. Mau tanya, pas masukin no rek, kok pas udh mau selesai itu ada tulisan coba lagi terus ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah masukan No Rekening klik minta kode OTP dulu pak sebagai Verifikasi lanjutan.

      Delete
  8. Halo kak mau tanya... Aku pertama kali pakai sophee.. udah aku upload smua produknya.. Data udah oke input.. Tapi kenapa ya kalau dicari nama toko ku blum muncul di sophee???

    ReplyDelete
  9. Halo kak mau tanya... Aku pertama kali pakai sophee.. udah aku upload smua produknya.. Data udah oke input.. Tapi kenapa ya kalau dicari nama toko ku blum muncul di sophee???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Nun, apakah Nomor Hp dan email yang digunakan sebagai registrasi akun shopee sudah terverifikasi? Jika memang sudah semua harusnya muncul ka di pencarian, Contohnya : Nama Shopee sya Pusat_Grosir_Senen_Jaya, lalu akan muncul di bagian bawah pencarian dan dibarengi dengan "Produk tidak dapat ditemukan..

      Delete
  10. Hallo kak aku mau tanya. Kalo mau coba jualan dishopee tp ga ada rekening bank trs dana dr barang yg dijual itu masuk ke shopeepay kan ya? Trs dana yg ada di shopeepay nya bisa digunakan lagi buat beli barang lain dishopee ga? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil penjualan yang masuk ke shopee, atau Saldo yang ada di Shopeepay bisa buat beli barang yang ada di Shopee lagi ka, termasuk bisa juga buat alternatif beli Pulsa Or Token Listrik, Cuman di Sarananin kalo buat jualan lebih baik Aktivasi Masukin Rekening Bank.. Jika ada pertanyaan lain silakan tanya kembali

      Delete
  11. Mau tanya apakah berbelnja di shopee sudah mendukung fitur Jsecure untuk kartu JCB ?

    ReplyDelete
  12. Bro @Irzan Shopee belum mendukung mendukung fitur Jsecure untuk kartu JCB Gan.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel