Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hati Hati Modus Penipuan Pembayaran E-CASH

Apa itu E-CASH.? 

Mandiri e-cash adalah uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi aplikasi di handphone dan USSD, atau yang disebut sebagai uang tunai di handphone, dimana yang memungkinkan pemegangnya untuk melakukan transaksi perbankan tanpa harus melakukan pembukaan rekening ke cabang Bank Mandiri.

Keunggulan dari e-cash ini terletak pada pengalaman social banking bagi pemegangnya dan merasakan kemudahan dalam penggunaannya. Baca Lebih jelasnya : Apa itu Mandiri E-Cash.

Semakin canggihnya teknologi dan beragam kemudahan transaksi yang di tawarkan oleh perbankan salah satunya yaitu e-cash. Namun ada saja segelintir oknum memanfaatkan celah kemudahan tersebut untuk tujuan menipu orang lain.

Marak Oknum Modus Penipuan E-Cash Mandiri.

Pesan saya untuk pembaca pertama yang kebetulan membaca blog saya ini karena kebetulan sedang Googling mencari informasi tentang "Apa Itu E-cash" atau " No Code E-Cash ".

Hati hati modus baru penipuan e cash pembayaran uang elektronik

DIMOHON UNTUK JANGAN PERCAYA DAN JANGAN TERMAKAN OLEH HIPNOTIS ATAU JEBAKAN PARA PENIPU. PENIPU AKAN MELAKUKAN BERBAGAI CARA UNTUK MEYAKINKAN ANDA UNTUK PERGI KE ATM, TAPI JANGAN TERGOYAH, SEGERA BLOCK SEMUA NOMOR SI PENIPU DAN SEGERA MENCERITAKAN HAL INI PADA ORTU ATAU TEMAN ANDA AGAR SADAR KALAU ANDA HAMPIR KENA TIPU).

Mengapa saya susah-susah sharing pengalaman saya? karena saya sudah hampir menjadi korban, dan saya pikir saya tidak mau hal ini terjadi kepada anda atau teman anda. Saya akan bercerita panjang lebar, karena menurut saya semuanya ini adalah penting untuk kalian baca secara detail, baca sampai habis ya, jangan setengah setengah, karena artikel ini sangat penting untuk dibaca! Khsusnya bagi para Online Shop Indonesia.

Pengalaman PERTAMA saya Hampir tertipu, dan karena pengalaman tersebut saya langsung mengetahui bahwa pembeli yang sedang bicara dengan saya lewat chat whatsApp adalah Penipu dengan Modus E-cash.

Modus Penipuan E-CASH

Penipuan menggunakan mandiri e-cash mungkin sudah umum sekarang atau untuk yang masih belum mengetahui nya, saya ingin sharing pengalaman pribadi tentang penipuan E-CASH walaupun tidak sampai tertipu, namun unsur dari modus inilah yang perlu kalian ketahui. Pengalaman itu terjadi baru baru ini di bulan agustus (2017).

Saya sudah biasa berjualan barang melalui Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan OLX (hingga saat ini). Pengalaman saya tentang penipuan e-cash. Diluar dari 4 situs eccomerce yang di sebutkan ya...hehehe

"Modus penipuan sejenis ini sudah mulai merambah di dalam situs e-commerce marketplace".

Ceritanya gini sebelum kejadian sempat share produk di Instagram dan di beranda facebook seperti pada umumnya online shop selalu mencantumkan pin BBM dan No WhatsApp ketika share produk sebagai sarana iklan gratis.

Selang waktu beberapa saat setelah share foto di Medsos. Saya mendapat chat whatsapp orang baru.
Modus pelaku penipuan e cash mandiri
Kontak Pelaku
Seperti biasa obrolan normal tanya jawab antara Seller dan reseller baru. Sama sekali tidak terelintas dalam fikiran saya bahwa itu semua hanya Modus.

Nah kemungkinan besar si pelaku mendapatkan kontak wa saya dari Medsos.

Si pelaku mungkin sudah tahu kalo saya berjualan maka dari itu dia memulai pertama chat di kontak whatsapp milik saya, pelaku bertanya sedikit tentang produk tas yang saya jual dengan baik", sehingga tidak menimbulkan rasa curiga. Lalu si pelaku bertanya kembali dan ini masuk ke poin pertama.

#pelaku
  • Apakah pembayaran bisa melalui e-cash?

Bahkan si pelaku mengiriman screenshot apa itu e-cash, dan foto KTP dengan cara baik baik.

Dan sekali lagi pada saat itu sama sekali tidak menimbulkan kecurigaan, bahkan si pelaku pada hari itu juga deal akan membeli barang saya, kemudian dia bertanya kembali.

#pelaku
  • Maaf agan punya Rek lain selain BCA? 
#saya
  • Rekening Lain Ada...

Lalu si pelaku bertanya lagi

#pelaku
  • Apa agan punya bank Mandiri.?
#saya
  • Sekali lagi saya jawab "iya ada"...

Dan ternyata setelah mengetahui saya memiliki rek Mandiri si pelaku terus meyakinkan saya, produk yang di pesan akan dibayarkan melalui rek mandiri namun dengan sistem pembayaran e-cash. Pelaku terus melakukan loby agar saya bisa langsung ke ATM Mandiri saat iu untuk menerima dana pembayaran.

Bahkah si pelaku tersebut tidak segan segan memberi arahan tentang cara cara melakukan penerimaan saldo dengan cara mengirim screenshot foto tutorialnya.

Berhubung waktu itu saya sibuk di toko jadi saya hanya membalas "nanti sorre saja sekarang lagi sibuk, lalu si pelaku menanggapi dengan santai dan berjanji akan melakukan transaksi sorre hari.

Hati Hati Modus Penipuan E-CASH

Pas sorre itu tepatnya jam 15 : 25 wib. Berhubung sudah tidak ada kesibukan lalu saya menghubungi wa si pelaku tersebut tanpa rasa curiga sedikitpun. Si pelaku tersebut menanggapi dengan sigap, cepat dan menyuruh saya pergi ke ATM mandiri. Dia bilang harus Mandiri!. Saya masih tidak tahu bahwa itu penipuan, lalu saya ke ATM Mandiri dekat toko dimana saya berjualan.

Si pelaku menginstruksikan melalui chat WhatsApp cara mencairkan uang E-CASH, dan pelaku terus bertanya tentang berapa isi saldo rek mandiri yang saya punya, bahkan menyuruh fotokan isi saldo dari layar ATM. Si pelaku berdalih hal itu dilakukan agar sama sama saling percaya. Dari situ barulah saya sadar, dan curiga dengan cara cara dan intruksi yang kurang masuk diaakal tersebut (penipuan).

Begini Gambaran Penipuan E-CASH

  • Pertama hal yang dilakukan si pelaku ialah bertanya dengan cara halus dengan si penjual, meyakinkan si penjual dengan cara megirim screenshot apa itu e-cash dan foto ktp, jika si penjual sudah percaya, sama sekali tidak curiga dan menurut pembayaran melalui e cash, si penipu akan menanyakan apakah punya rek mandiri? dan biasanya minta di fotokan berapa isi saldo di rek bank kita, nah kata akhirnya penipu akan menyuruh kita pergi ke ATM untuk pembayaran barang yang akan ia beli, si pelaku mengintrusikan kita untuk pilih language ENGLISH di ATM, mungkin biar kita bingung karena pakai bahasa inggris.
Di sinilah jika kalian menurut, lalu mengikuti intruksi si penipu tersebut besar kemungkinan saldo dari rek bank kalian akan hilang karena e cash yang dilakukan si penipu kepada Anda.

Agar lebih jelasnya kalian bisa lihat gambar bukti dibawah ini. Percakapakan antara saya dan si pelaku bermodus penipuan E-CASH.
Modus penipuan e cash
Screenshot Modus E Cash 1
Modus penipuan e cash hati hati
Screenshot Modua E Cash 2
Sekali lagi saya informasikan jika Ada pembeli ingin melakukan pembayaran melalui E-CASH dan kronologinya seperti yang sudah saya jelaskan, lebih baik kalian batalkan atau abaikan saja. Karena sewajarnya kita sebagai penjual juga harus tetap waspada, dimana sudah banyak penipuan yang dilakukan oleh para oknum.

Sekian informasi mengnai penipuan bermodus E-CASH. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Terimakasih

Berlangganan via Email