Perbandingan Antara Shopee | Tokopedia Dan Bukalapak, Mana Menurut Kamu Lebih Mudah?

Saat ini belanja melalui online sudah tidak asing lagi dan bukan suatu hal yang rumit untuk dilakukan, ditambah dengan munculnya pasar ecommerce marketplace di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak semakin memanjakan kita dalam hal berbelanja online. Begitupun sebaliknya pelapak yang menjajahkan produknya melalui situs marketplace tersebut sangat di untungkan.

Namun tahukah kamu jika disetiap situs tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut Perbandingan Tokopedia, Shopee dan Bukalapak.
Perbandingan antara shopee, tokopedia dan bukalapak
Shopee Vs Tokopedia dan Bukalapak
Saya sampaikan dulu bahwa artikel ini adalah murni 100% opini dan tidak bisa dijadikan sebagai acuan standar/ kebenaran yang ada.

Karena setiap orang memiliki sudut pandangnya masing-masing. Saya sendiri sudah pernah berjualan diketiga marketplace tersebut, aktif hingga saat ini. Karena itu disini saya akan memberikan perbandingan Tokopedia, Shopee dan Bukalapak (menurut saya), dan platform manakah yang lebih baik dalam berjualan termasuk saat menjadi pembeli.

Marketplace Shopee, Tokopedia Dan Bukalapak.

Kita sudah tahu kelebihan-kelebihan ketiganya yang identik seperti harga termurah (karena penjual tidak dikenakan biaya administrasi). Sistem yang transparan (karena kita langsung berhubungan dengan seller), dan transaksi yang jauh lebih aman (karena menggunakan rekening escrow).

Namun ada beberapa perbedaan yang menarik untuk dibahas baik dari segi buyer dan seller yaitu :

1. Keharusan mendaftar atau membuat akun (register)
Perbandingan marketplanc Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak
Tokopedia
Di Tokopedia kita wajib memiliki akun untuk berbelanja, artinya kita harus melakukan register terlebih dahulu sedangkan akun yang sudah terdaftar nantinya tidak akan bisa kita hapus (Tokopedia tidak menyediakan opsi untuk mendelete akun), jadi akun yang tidak terpakai ya tinggal di diamkan saja.
Mana lebih baik Perbandingan marketplanc Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak
Shopee
Shopee
Sedangkan jika belanja melalui Shopee pun sama diharuskan memiliki akun terlebih dahulu untuk berbelanja, artinya sama seperti Tokopedia, Untuk penghapusan akun Shopee Anda harus menunggu 2x24 jam. Baca Juga : Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula.
Bukalapak.com
Bukalapak
Bukalapak
Sedangkan di Bukalapak ada pilihan untuk “beli tanpa daftar”, walaupun ujung ujungnya tetap harus menggunakan email dan konfirmasi pembayaran seperti biasa, namun jelas lebih cepat dan praktis untuk mereka yang baru pertama kali belanja atau jarang berbelanja online di marketplace.

Skor :
Bukalapak 10. Tokopedia 0. Shopee 0.

Perbandingan Antara Shopee, Tokopedia Dan Bukalapak

Memang untuk kedepannya jauh lebih baik mendaftarkan akun sehingga tidak perlu repot mengisi data-data kembali, namun tidak ada salahnya bukan memberikan opsi tambahan untuk “membeli tanpa register” kepada user, toh tidak semua user suka mendaftar karena nantinya bisa dijejali email/promosi produk yang sangat mengganggu.

2. Order Sebagai Dropshipper

Ini adalah salah satu kelebihan yang paling saya suka dari Tokopedia Dan Shopee, yaitu terdapat “kolom dropshipper” sehingga siapapun bisa membantu menjualkan produk-produk yang kita pasang.

Saya sangat sering melihat reseller menggunakan fitur ini (dropship), hampir 50% penjualan saya diorder oleh dropshipper. Fitur yang sangat simpel namun begitu powerfull, tampilannya pun tidak muluk-muluk, user hanya perlu memasukkan nama dan nomor telepon.

Sedangkan Bukalapak tidak menyediakan opsi ini, padahal di Indonesia banyak sekali reseller dan dropshipper (perkiraan saya sekitar 50-60% penjual online adalah reseller).

Mengapa fitur ini begitu penting? Berikut penjelasannya...

  • Memperluas market penjual diluar marketplace (pastinya reseller akan mempromosikan produk tersebut di channel marketing lain).
  • Membuka peluang usaha untuk mereka yang ingin menjual secara online (toko online) dan sekaligus belajar menganalisa market/pasar yang ada.

Salah satu penyebab Tokopedia, Shopee, Bukalapak bisa mendominasi e-commerce dalam negeri ini adalah karena marketplace menawarkan harga termurah dibandingkan
situs e-commerce lainnnya seperti B2C bahkan daily deals.

Dan saya berani katakan penyebab Tokopedia dan Shopee sedikit lebih unggul dari Bukalapak sampai saat ini adalah karena adanya fitur dropship ini (ini hanya pendapat saya pribadi), percaya atau tidak Bukalapak membunuh momentumnya sendiri karena tidak memberikan kesempatan bagi dropshipper untuk berpartisipasi di platform mereka.

Skor :
Bukalapak 10. Tokopedia 10. Shopee 10.

3. Tampilan Antarmuka (UI)


Tidak banyak yang ingin saya bahas mengenai user interface karena setiap orang memiliki seleranya sendiri-sendiri, diluar sana sudah banyak artikel yang membandingkan tampilan UI keduanya seperti penjelasan warna, menu dan UX nya.

Ini hanya referensi saya pribadi, tampilan dan pengalaman menggunakan Tokopedia jauh lebih simpel, ringan, elegan dan intuitif, itulah kesan pertama kali saya menggunakan Tokopedia, Sedangkan Shopee mendominasi warna orange disetiap sisinya namun terasa berat. Sedangkan Bukalapak walaupun termasuk ringan entah kenapa saya kurang sreg dengan warna ungu di Bukalapak, identik warna janda yang ditampilkan serta menu-menunya yang sedikit membingungkan dan kurang intuitif.

Skor :
Bukalapak 0, Tokopedia 10, Shopee 0.


4. Kode Unik Transaksi Dan Selang Waktu Pembayaran


Saya memang sudah lama tidak berbelanja di Tokopedia, Shopee apalagi Bukalapak. Namun seingat saya :

Tokopedia
Menggunakan 2 digit kode unik (dan uang inipun akan kembali ke saldo Tokopedia kita). Metode Pembayaran termasuk mudah dipahami.

Shopee
Bagi yang belum terbiasa berbelanja melalui Shopee ini, memang saya akui untuk metode pembayaran transfer Bank di mesin ATM bisa di bilang terlalu sulit bagi yang belum pernah. Maka bagi yang baru berbelanja dari Shopee lebih baik gunakan Metode pembayaran melalui Minimarket saja seperti Alfamart atau Indomart terdekat.

Bukalapak
Bukalapak menggunakan 3 digit kode unik (cenderung lebih merugikan dan dana ini tidak dikembalikan sama sekali). Selang waktu pembayaran (saat itu) hanya 10 jam. Namun mudah di pahami.

Skor :
Bukalapak 10, Tokopedia 10, Shopee 0.

5. Perbandingan Chating Obrolan Shopee, Tokopedia, Bukalapak


Shopee memiliki kelebihan yaitu seller bisa mengirikan foto dari luar produk, artinya pengguna bisa mengirim file gambar langsung dari galeri Hp ke dalam chating aplikasi shopee.

Bukalapak pun menyediakan fitur ini "send picture galery" sama seperti Shopee

Sayangnya Tokopedia hanya bisa mengirimkan gambar yang sesuai produk jualan di dalam aplikasinya saja (tidak bisa ambil file gambar langsung dari galeri hp) itupun masih berbentuk scrip/link produk ketika terkirim ke pelanggan jadi memang sangat menyusahkan bagi reseller atau penjual.

Skor :
Bukalapak 10. Tokopedia 0. Shopee 10. 


6. Layanan Push atau mengiklankan produk.


Tokopedia
Baru baru ini sudah menyediakan opsi ini, yaitu TopAds dan pengaturanyapun terbilang sangat mudah, karena bisa dilakukan langsung dari dalam aplilkasinya, jenis iklan di tokopedia termasuk recomended karena produk kita bisa muncul di mana saja.

Shopee
Iklanku Shopee juga bisa Anda manfaatkan, hanya saja, kita harus mengunjungi situs Shopee versi deskop (shopee seller) untuk menjalankan Push/Iklankan Produk. Jika masih awan/pemula hal ini terbilang sulit dan tidak mudah di pahami. Jenis iklan Shopee juga hanya mengandalkan keyword/kata kunci, #hastag, dimana iklan produk akan muncul ketika pengunjung mengetik kata kunci #hastag yang ada di dalam descripsi produk shopee.

Bukalapak
Tentu kita semua sudah tahu bahwa Bukalapak sedari awal sudah menyediakan fitur jasa iklan untuk para pelapaknya. Setiap kita Upload produk terbaru di bukalapak, fitur ini akan muncul PUSH/Iklankan Produk dengan nominal klik yang di inginkan, namun syaratnya agar push bisa digunakan, kita harus membeli terlebih dahulu berapa push yang akan kita gunakan sebagai iklan produk, semakin tinggi nilai pengeluaran iklan, maka semakin besar kemungkinan iklan akan muncul di banyak tempat. Jenis iklan Bukalapak sama seperti Tokopedia.

Skor :
Bukalapak 10, Tokopedia 10, Shopee 0.


7. Upload Gambar Produk Jualan


Shopee
Menyediakan hingga 9 frame gambar produk yang bisa di isi. Dan bisa lebih leluasa ketika menamakan produknya dengan judul/ nama yang sama dari satu produk dengan produk lainnya.

Tokopedia
Hanya tersedia 5 frame gambar produk saja yang bisa di isi. Membolehkan atau tidak ada larangan untuk menamakan judul produk sama dari satu produk ke produk lainnya.

Bukalapak
Menyediakan 5 frame sama seperti Tokopedia, namun tidak mengizinkan nama produk dengan judul yang sama (di tolak). Artinya kamu harus memberi judul produk jualan berbeda dari satu produk jualan lainnya.

Skor :
Bukalapak 0. Tokopedia 0. Shopee 10.


8. Biaya Ongkos kirim


Shopee
Dari awal masuknya shopee ke indonesia hingga saat ini slalu menawarkan ongkir gratis yang bisa di nikmati bagi para penggunanya. Walaupun faktanya hanya subsidi 30-50rb / setiap pembelian produk dengan nominal harga yang di tentukan berlaku 1 kali digunakan untuk 1 akun  (sewaktu-waktu bisa saja berubah) walaupun begitu nyatanya memang sangat membantu bagi seller dan reseller meringankan beban ongkir.

Tokopedia
Menawarkan free ongkir ketika Event saja, biasanya terjadi di hari besar seperti 17 agustus, hari raya idul fitri, tahun baru dan hari ultah Toped, seringnya hal yang harus di lakukan untuk bisa menikmati gratis ongkir harus melewati opsi opsi tertentu seperti contohnya wajib "masukan kode promo" dan kadang pemberitahuannya kurang diketahui bagi para buyer yang masih awam.

Bukalapak
Masih kurang transparan ketika mengadakan free ongkir, dan jarang sekali mengadakan event seperti gratis ongkos pengiriman. (kita tunggu saja)

Skor :
Bukalapak 0. Tokopedia 0. Shopee 10.


9. Notifikasi Stok Produk


Shopee
Secara otomatis akan berkurang ketika stok produk laku terjual. Artinya kita bisa langsung mengetahui melalui notifikasi pemberitahuan "stok produk habis".

Tokopedia
Walaupun tersedia untuk fitur stok produk namun tidak berkurang secara otomatis ketika produk habis laku terjual. Tanpa adanya notifikasi pemberitahuan "stok produk habis terjual".

Bukalapak
Tidak tersedia fitur stok produk. Pelapak hanya bisa melampirkan jumblah stok di setiap descripsi produk.

Skor :
Bukalapak 0. Tokopedia 0. Shopee 10.

10. Layanan Kontak Pengaduan

Shopee
Lebih mudah ketika ingin mengajukan komplain langsung ke Customer Service Shopee, melalui pesan email, ataupun telepon. Baca di sini : Cara melaporkan keluhan di Shopee

Tokopedia
Pengaduan di Tokopedia bisa dibilang sama seperti shopee, hanya saja jika keluhan yang di kirim melalui pesan email respon yang di dapat terbilang cukup lama. Baca di Sini : Cara Melakukan Komplain di Tokopedia.

Bukalapak
Untuk Bukalapak sendiri saya masih belum mengetahui cara komplain ketika mengalami permasalahan. Mungkin sebagai alternatif bisa menghubungi langsung nomor telp Customer Service, yang pada umumnya akan memakan biaya pulsa ketika melakukan kontak telepon.

Skor :
Bukalapak 0. Tokopedia 0. Shopee 10.


11. Reputasi Penjual/Merchant


Saya sangat suka dengan sistem Tokopedia dan Shopee dimana semuanya transparan bahkan pembelipun juga memiliki reputasinya sendiri. Setiap produk memiliki reviewnya masing-masing (terpisah) dan hasil feedback akan terkunci tidak bisa dihapus/ diedit sama sekali.

Jelas ini memudahkan buyer dalam menentukan reputasi toko yang ada, namun kekurangannya adalah pembeli itu suka aneh-aneh, transaksi sudah berjalan lancar namun mereka hanya memberikan rating 3/5 bahkan ada yang memberikan reputasi 1/5 dan reviewnya adalah "terima kasih barang sudah sampai sesuai deskripsi, puas dan top deh”.

Dari semua penjelasan diatas dan skor yang terkumpul menurut kesimpulan saya pribadi Shopee masih lebih unggul, walaupun aplikasinya terlalu berat. Jika di urutkan Shopee masih juara di urutan ke 1 saat ini. Tokopedia urutan ke 2, Bukalapak ke 3.

Sekali lagi saya ingatkan artikel ini adalah murni 100% opini dan tidak bisa dijadikan sebagai acuan standar/ kebenaran yang ada. Karena setiap orang memiliki sudut pandangnya masing-masing, dan yang perlu di ingat adalah setiap situs atau aplikasi jual beli online khususnya Shopee, Tokopedia dan Bukalapak, mereka akan terus meng-Upgrade Aplikasinya, berlomba lomba menawarkan inovasi terbarunya agar penggunanya semakin di mudahkan menjalankan suatu bisnis jual beli online, tentu saja jika sudah tercapai akan semakin nyaman digunakan.

Lalu apa pendapat kamu? Tentang perbandingan Shopee, Bukalapak dan Tokopedia.?

Jika kebetulan kamu sependapat dengan saya, ataupun yang tidak sependapat, mohon koreksinya dengan cara tinggalkan komentar di postingan ini.


Jika ada kesalahan kata mohon di maafkan. Terima Kasih.

14 Responses to "Perbandingan Antara Shopee | Tokopedia Dan Bukalapak, Mana Menurut Kamu Lebih Mudah?"

  1. Om, apakah di shopee ada jaminan uang kembali? Jika orderan kita tidak sampai ? Makasih

    ReplyDelete
  2. Jaminan 100% Kembali gan, kalo ada keluhan bisa langsung diskusikan langsung sja melalui email shopee. Support@shopee.co.id

    Caranya bisa lihat di sini
    http://www.pgsjjakarta.com/2017/12/cara-mudah-melaporkan-seputar.html

    ReplyDelete
  3. Saya setuju dengan si penulis.. I'm prefer shopee than others 😁

    ReplyDelete
  4. Yes gua juga shopper barusan gw beli disini rak sepatuπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    ReplyDelete
  5. ��Ulasan perbandingan ecommerce yg cerdas, terima kasih��

    ReplyDelete
  6. Yang paling bagus sekarang Bukalapak. Sekarang bukalapak ada kirimjt buat gratis ongkir bisa dipake 15x sebulan,Shopee 7x, Tokped event.
    Cashback pun lebih bagus Bukalapak, voucher untungterus atau sebagainya pasti ada setiap bulan, 15 -20% maks 30 - 35 rb. Shopee biasanya cuma 10 rb.
    1 HP bisa di pake banyak akun (BL / Tokped)
    Shopee 1 akun 1 HP. Jangan coba" login akun lain di HP yg sama, kalo pake voucher ongkir, akunnya di anggap melanggar aturan, karna dia membaca IMEI.
    JAMINAN SHOPEE MALL VS BUKAMALL
    Shopee garansi 7 hari
    Bukalapak 14 hari
    KOIN SHOPEE VS CREDIT BL
    Koin shopee ga bisa di beliin full barang tanpa Uang real, Max 50%
    Misal punya koin 50.000, harga sepatu 50.000. Ga bakal bisa beli pake KOIN, potongan koin max 25.000 koin 25.000 uang.
    Kalau bukalapak FULL BISA PAKR CREDIT NYA.
    Jadi CASHBACK ANTARA 2 platform itu lebih untung BUKALAPAK.
    Saya buyer toko online sejati. Semoga dapat membantu anda. Its Real Aug 2018. Maju terus Indonesiaku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih ka atas partisipasinya untuk menyempatkan berkomentar tentang kelebihan dan kekurangan antara shopee, tokopedia dan bukalapak.. Salam Hormat.πŸ˜‰

      Delete
  7. Pengalaman waktu itu coba pakai BukaIklan, pasang untuk 1 bulan & udah bayar tp iklan gak tayang tayang. Statistiknya gak keluar, di cek di google gak nemu iklanya. Pas complain ke CS cuma disuruh nunggu nunggu terus padahal sekitar 5x complain dan itu balesanya gak bisa lewat dekstop, harus unduh aplikasinya karna dibalesnya lewaat situ. Ditunggu sampai tenggat tayang iklan habis ga pernah ditayangkan samsek, dan uangnya ga refund ke BukaDmpet

    ReplyDelete
  8. apakah bisa 1hp memiliki byk akun seller shopee,toped,bukalapak dengan cara duplikat aplikasi?mohon di jawab..trimakasi

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel