Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia

PGSJJAKARTA.COM  Bagi pelaku bisnis jual beli online tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sebentar mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan Tokopedia berikut ini tentu wajib Anda ketahui dengan baik. Pasalnya setiap situs e-commerce sendiri dipastikan akan selalu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tidak terkecuali pada situs e-commerce ternama seperti Tokopedia.com

Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia.com

Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu situs e-comerce yang melayani jual beli produk, dan situs ini juga diketahui mulai terkenal pada kisaran tahun 2014 yang lalu. Walaupun sudah memiliki banyak user (pengunjung), namun tetap situs e-commerce ini memiliki banyak kekurangan dan kelebihan sepeti situs e-commerce lain pada umumnya.

Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia


Hingga saat ini situs-situs e-commerce yang ada termasuk Tokopedia memang masih menjadi favorit banyak kalangan, khususnya mereka yang gemar berbelanja online. Terelebih disana terdapat sangat banyak produk yang dijual dengan beragam kategori yang berbeda-beda. Maka dari itu tak heran jika Tokopedia selalu memiliki angka pengunjung yang tinggi setiap harinya.

Selain pangsa pasar yang potensial, disana, para pelaku bisnis juga dapat menemukan supplier yang menjanjikan. Terlebih jika segmen bisnis yang dituju adalah bisnis online seperti dropship. Lalu, apa saja kekurangan dan kelebihan situs e-commerce tersebut? Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Tokopedia yang dapat kita ketahui bersama.

Kelebihan Tokopedia bagi si penjul dan pembeli

  1. Kelebihan yang dimiliki tokopedia adalah penampilannya yang ringan dan segar.
  2. Selain itu, situs ini juga bersifat gratis dan tidak berbayar. 
  3. Loading site terhitung ringan, khususnya pada halaman-halaman toko dan produk.
  4. Bagian daftar produk sangat jelas, kategori yang bervariasi, serta adanya fitur harga grosir. 
  5. Adanya fitur pre-order untuk produk yang harus di import dari luar indonesia, karena proses ini biasanya akan memakan waktu yang Iebih lama. 
  6. Adanya fitur estimasi total yang harus dibayar buyer, seperti total harga produk (berlaku kelipatan) dan estimasi ongkos kirim hingga beragam jasa ekspedisi yang tersedia. 
  7. Transfer dana yang relatif cepat dengan rata-rata 2 hinggga 3 jam, dan maksimum mencapai waktu 4 jam untuk transfer ke bank-bank besar satu hari bisa di lakukan penarikan hingga 3 kali penarikan. 
  8. Waktu proses pesanan memiiiki waktu yang lebih Ieluasa, yakni berkisar 5 hingga 7 hari semenjak invoice masuk. 
  9. Keamanan cukup baik karena adanya penggunaan kode OTP. 
  10. Layanan pembayaran transfer melalui ATM yang disediakan tokopedia juga termasuk sangat mudah di mengerti.
  11. Memiliki blog yang berisikan beragam tips dan juga informasi yang bermanfaat untuk penjualan dan optimasi toko online milik kita. 
  12. Menyediakan Aplikasi "Seller Tokopedia", fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut bisa dibilang sangat lengkap dan tentu memudahkan bagi penjual mempromosikan barang dagangannya.

Kekurangan Tokopedia

  1. Website dan aplikasi Tokopedia kerap mengalami error. Terlalu sering maintenance, sehingga kerap membuat pengunjung merasa kesal. 
  2. Error pasca maintenance, efeknya bisa sampai 1 hingga 2 hari dengan keluhan yang bermacam macam. 
  3. Tidak adanya fitur blacklist untuk buyer atau pembeli. 
  4. Sering terjadi perang harga, membandrol produk dengan harga dengan kisaran yang sangat murah. Sehingga memberikan peluang yang sangat kecil pada produk untuk Iaku dengan kisaran harga yang relatif tinggi. 
  5. Peluang barang lebih banyak Iaku pada member Gold Merchant masih tidak optimal. Hanya memberikan kesan ekslusif dan memiliki tampilan yang sedikit berbeda dari member biasa. 
  6. Fitur pengelola stok barang masih dirasa kurang optimal, karena saat ada pembeli yang tengah menunggu pembayaran, stok produk tidak secara otomatis berkurang. 
  7. Tidak memiliki fitur varian warna yang bisa di sesuaikan bagi pelapak. (tidak bisa buat varian warna sendiri)
  8. Tidak memiliki fitur diskon yang berbatas waktu. 

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan Tokopedia di atas tadi, maka Anda pun dapat memiliki lebih banyak referensi perihal situs e-commerce yang ada hingga saat ini. Selain Tokopedia, tentu masih ada banyak situs e-commerce ternama lainnya seperti Bukalapak atau Shoope yang dapat dikunjungi. Semoga informasi bisnis online di atas dapat menjadi sumber refernesi yang bermanfaat untuk Anda semuanya.

Catatan:
  • Kekurangan yang ada di dalam aplikasi Tokopedia bukanlah hal yang harus anda hindari, di balik kekurangan tersebut apapun itu biasanya ada sesuatu sebagai penunjang kelebihannya yang belum kita ketahui atau mengerti. So Jadi tunggu saja gebrakan inovasi terbaru Tokopedia yang akan datang.

Sekian dan Terimakasih.

1 komentar untuk "Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia"