Cara Membuat Toko Online Gratis Dari Facebook

Hallo sahabat PGSJ, sebelumnya admin mengucapkan terimakasih atas kunjungannya di blog Online tutorial, tips dan trik online shop yang sederhana ini. Sekalian promosi juga ya, bagi kamu yang mungkin ikut berjualan Online tapi tidak tahu mau jual apa? Jangan bingung langsung saja kunjungi lapak media social admin di bawah ini.

Facebook : @SenenJaya.jkt
Instagram : @Pgsj_Jakarta

Oke mari kita lanjut pembahasan cara jualan melalui facebook.

Membuat Toko Online Gratis Dari Facebook

Seperti yang kita semua ketahui bahwa Facebook merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak saat ini. Jadi, tak heran jika ada banyak orang yang memanfaatkan media sosial Facebook sebagai sarana untuk memprosikan produk yang ingin mereka jual.

Alasan Iain kenapa banyak orang yang memilih Facebook sebagai sarana berpromosi adalah karena lengkapnya fitur yang disediakan oleh pihak Facebook, salah satu contohnya adalah tersedianya Iayanan pembuatan Fanpage dan fitur Iain seperti Foto Album juga menjadi alasan tersendiri bagi sebagian orang memilih berpromosi di Facebook.

Cara Membuat Toko Online di Facebook

Namun, tahukah Anda bahwa baru-baru ini Facebook meluncurkan fitur terbaru untuk membantu para pelaku bisnis online seperti Anda berjualan di Facebook ? Yap, fitur yang saya maksud adalah Fanpage Facebook Store, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna Facebook untuk membuat Online Store mereka sendiri secara gratis menggunakan bantuan pihak ketiga sebagai penyedia Facebook Apps Store.

Jika diambil kesimpulan sementara, sebelum membuat Facebook Store, haI-hal yang harus kita persiapkan diantaranya adalah :
  1. Akun Facebook
  2. Facebook Fanpage 
  3. Facebook App Store 
Untuk Akun Facebook dan Facebook Fanpage saya anggap Anda sudah memilikinya, jadi tidak akan saya jelaskan cara membuat facebook atau cara memuat fanpage.
Apa itu Facebook App Store? seperti yang saya jelaskan diatas, Facebook App Store adalah aplikasi dari pihak ketiga yang akan membantu kita dalam membuat Online Shop di Facebook.

Ada banyak penyedia Facebook App Store, baik buatan lokal maupun internasional, seperti contohnya:
  1. Shopify.com
  2. Lakubgt.com
  3. Sotreya.com
Di artikel ini saya tidak akan menjelaskan semuanya, melainkan hanya akan saya jelaskan bagaiman cara membuat toko online gratis di Facebook menggunakan Shopify. Baca juga cara membuat toko online dengan wordpress (fitur Iebih lengkap, pilihan tema Iebih beragam).

Car Membuat Toko Onlinedi Facebook dengan Shopify 

Kenapa harus Shopify? alasan pertama karena Shopify gratis dan alasan kedua adalah karena Shopify bukan hanya menyediakan Facebook Online Store namun juga Web Online Store, jadi disini kita akan dapat dua Toko Online sekaligus.

Langsung saja, silahkan ikuti langkah-Iangkah dibawah ini untuk membuatnya.

1. Buka situs resmi Shopify disini https://apps.shopify.com/facebook-store

Membuat Toko Online Gratis Dari Facebook

Jika halaman sudah terbuka, silahkan Anda klik tombol 'Free Trial' untuk mendaftar dan membuat akun baru di Shopify.

2. Masukkan email Anda

Membuat Toko Online Gratis Dari Facebook

Silahkan, masukkan email Anda pada kotak yang sudah disediakan Ialu klik 'Get Started', tunggu sebentar sampai muncul pop-up.

3. Isi kembali email, password dan nama toko

Membuat Toko Online Gratis Dari Facebook

Saat mengisi email, pastikan email tersebut aktif, karena beberapa penwaran dari Shopify akan dikirim via email tersebut.

4. Pilih jenis online store yang ingin dibuat

Membuat Toko Online Gratis Dari Facebook

Ada dua pilihan yang diesdiakan Shopify, yang pertama adalah Online Store dan yang kedua adalah Retail Store. Pilih salah satu, Ialu klik Next.

5. Masukkan data diri lengkap Anda

Membuat Toko Online Gratis Dari Facebook

Masukkan nama, alamt dan nomor handphone Anda. Jika semua sudah terisi klik Next untuk melanjutkan pembuatan online store.

6. Pilih jenis produk yang akan Anda jual

Membuat Toko Online Gratis Dari Facebook

Terdapat 5 pilihan jenis produk, pada contoh ini saya akan menjual produk Digital. Selanjutnya klik 'Enter my Store'.

Selamat, dari sini Anda sudah berhasi membuat Situs Web Online Store, klik 'View your Website' untuk melihat toko online yang baru saja Anda buat, sekarang kita Ianjut membuat Facebook Online Store,

7. Di bagian menu klik 'Apps'

Membuat Toko Online Gratis Dari Facebook

Tidak hanya Apps Facebook Store, Anda juga bisa buat Blog dengan cara klik 'Blog'.

8. Klik tombol 'Visit the App Store'

Membuat Toko Online Gratis Dari Facebook

Lanjutkan dengan cara meng-klik tombol 'visit the app store' dan selanjutnya, kita akan diminta menghubungkan akun Facebook dengan Shopify.

9. KIik 'lnstall Facebook Store'

Membuat Toko Online Gratis Dari Facebook

Selanjutnya, kita wajib memasang Apps Facebook Store dari Shopify dengan cara meng-klik tombol 'Install Facebook Store'.

10. Sambungkan Akun Anda dengan Shopify

Membuat Toko Online Gratis Dari Facebook

Tidak perlu khawatir, Shopify tidak akan mengirim sesuatu yang aneh-aneh menggunakan akun Facebook Anda.

11. Tambahkan Facebook Store

Membuat Toko Online Gratis Dari Facebook

Klik 'Add a Facebook Store' Ialu pilih fanpage facebook mana yang ingin Anda install / pasang Apps Facebook Store.

12. Setting Facebook Store Anda

Membuat Toko Online Gratis Dari Facebook

Tahap terakhir adalah mensetting atau melakukan pengaturan pada Facebook Store, disini Anda bisa mengatur gambar Cover, Layout dan juga bisa Anda tambahkan kode Google Analytic untuk melihat berapa pengunjung Facebook Store.

Untuk melihat Facebook Store yang baru Anda buat, caranya adalah dengan meng-klik tombol 'View on Facebook', maka Anda akan Iangsung dibawah ke Fanpage Facebook Store. Berikut, contoh Facebook Online Store yang baru saja saya buat menggunakan Shopify.

Membuat Toko Online Gratis Dari Facebook

Masih kosong, karena memang belum ada produk yang saya jual di facebook online store tersebut.

Membuat Online Store di Facebook sebenarnya tidak terlalu susah, bukan? tinggal isi data, lalu klik next, next dan next, Facebook Store sudah berhasil dibuat. Kurang Iebih seperti itulah cara membuat www.seoterpadu.com store secara gratis di Facebook, semoga tutorial pembuatan toko online Facebook ini bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin berjualan online melalui facebook.

Jangan lupa Subscribe Jika ingin mendapatkan informasi terbaru lainnya mengenai Online shop, konten akan otomatis terkirim melalui email.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Toko Online Gratis Dari Facebook"