Disqus

Mengenali 4 Jenis Aneka Bahan Tekstil Kanvas

Material kanvas terbuat dari bahan dasar cotton yang dipadu dengan linen. Pada awalnya, penggunaan material kanvas memang banyak diaplikasikan untuk media Iukis.
Perbedaan 4 jenis bahan kanvas
Bahan Tekstil Kanvas
Baru pada masa perang dunia ketika dibutuhkan material yang keras dan kuat untuk bahan baku baju dan perlengkapan militer, material kanvas mulai dilirik. Penggunaan kanvas saat itu masih terbatas pada bahan jaket parka untuk angkatan udara, dan bahan tas ransel para infantri.

Kelebihan Dan Kekurangan 4 Jenis Bahan Tekstil Kanvas

Pada perkembangannya, material kanvas semakin ramai digunakan untuk bahan perlengkapan lapangan, seperti tenda, jaket adventure, dan berbagai perlengkapan. Perkembangan fashion pada akhirnya membawa kanvas ke ranah yang lebih luas lagi, selain untuk perlengkapan militer dan adventure, kini material kanvas juga banyak digunakan untuk bahan jaket dan tas bertema lawas /vintage /retro.

Material kanvas sendiri memiliki beberapa jenis. Diantaranya Kain Kanvas Marsoto, Kain Kanvas Ring, Kain Kanvas Suede, Kain Baby Kanvas. Dari keempat jenis tersebut, Kanvas Marsoto merupakan yang paling kuat, paling tebal, paling tahan air, dan teksturnya cukup kasar. Karena sesuai dengan kekuatannya.

Berikut penjelasan mengenai pungsi dan manfaat dari 4 jenis bahan kanvas.

Perbandingan Antara 4 Jenis Bahan Kanvas Ring, Marsoto, Knavas Baby dan Kanvas Suede

Jenis Bahan Kanvas Ring
Kanvas Ring
Kanvas Ring
Kain kanvas ring umumnya memiliki karakteristik yang sedikit lebih tipis dan tidak kaku jika dibandingkan dengan kain kanvas marsoto. Kain kanvas jenis ini tergolong solid karena seratnya terjalin cukup rapat dan terdapat serat ring 1jalur, sehingga permukaan kainnya cenderung agak kasar (bertekstur).

Karakteristiknya yang kuat, awet dan tahan lama daLam segala kondisi dan cuaca menjadikan kain kanvas ring sebagai salah satu jenis kain terbaik yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Salah satunya sebagai bahan dasar pelengkap desain baju dan kebutuhan fashion lainnya.

Disamping itu kain kanvas ring juga termasuk kedalam jenis bahan ramah lingkungan yang dapat digunakan berulang kali dalam jangka waktu yang relatif lama.
Bahan Kanvas Marsoto
Kanvas Marsoto
Kanvas Marsoto
Kain kanvas marsoto merupakan jenis kain kanvas yang paling tebal dan terasa agak kasar jika dibandingkan dengan kain kanvas katun ripstop. Jenis kanvas ini juga terbilang cukup kuat dan tidak mudah robek.

Ciri khas paling menonjol yang membedakan kain kanvas marsoto dengan kain kanvas jenis lainnya yaitu berupa bintik-bintik pada permukaan kanvas marsoto yang menyerupai tekstur kain cordura.

Baca Juga:    Mengenali Beragam Jenis Bahan Tekstil Pembuatan Tas

Kedudukan kanvas marsoto secara garis besar berada 1 tingkat diatas kanvas ripstop. Oleh sebab itu harga kain kanvas marsoto juga terbilang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan kain kanvas katun ripstop dalam jumlah dan ukuran sama.

Jenis kain ini biasa digunakan untuk membuat seragam kantor goodie bag atau tas belanja polos yang kuat, awet dan dapat digunakan berulang kali dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk mempercantik tampilan tas kanvas marsoto.
Kelebihan dan kekurangan Bahan Kanvas Baby
Kanvas Baby
Baby Kanvas
Kain baby kanvas merupakan salah satu jenis kain tekstil yang berasal dari keluarga kain kanvas. Dibandingkan dengan kain kanvas lainnya, bahan baby kanvas ini cenderung lebih tipis, bertekstur halus dan tidak kaku, serta memiliki pori-pori yang lebih kecil sehingga permukaan kainnya terlihat lebih indah untuk dipandang.

Baca Juga:    Perbandingan 4 Jenis Bahan Denim (Jeans)

Karakteristiknya yang cukup unik baik dari segi kualitas maupun kekuatannya. menjadikan baby kanvas sebagai pilihan terbaik untuk dijadikan kemeja maupun tas. Tas kanvas yang dibuat dari bahan baby kanvas akan terkesan lebih bagus dan lembut. dibandingkan dengan tas kanvas yang dibuat dari bahan kanvas lukis yang kaku dan kasar.

Meski kualitas bahannya terbilang cukup baik, namun harga jual dari produk kanvas ini juga lumayan terjangkau oleh semua kalangan. Ketersediaan bahannya yang melimpah di pasaran, menjadikan produk fashion yang dibuat dengan menggunakan bahan baby kanvas ini dibanderol dengan harga yang cukup murah.

Selain digunakan sebagai bahan tas dan kemeja kain baby kanvas juga dapat dimanfaatkan untuk membuat topi. Produk topi yang biasa dibuat dari bahan baby kanvas yaitu berupa topi nike.

Penting untuk diperhatikan ketika anda hendak membeli tas kemeja dan topi dari bahan kanvas adalah pastikan kualitas jahitan yang terdapat pada tas tersebut cukup rapi dan kuat.
Kelebiham dan Kekurangan Bahan Kanvas Suede
Kanvas Suede
Kanvas sueding
Bahan kanvas ini memiliki lapisan atas yang sedikit berbulu sehingga benang atau material ringan mudah menempel pada bahan kanvas tersebut.

Kain kanvas sueding terasa lebih lembut dibandingkan dengan jenis kanvas lainnya, sehingga jika dipegang akan terasa lebih tipis meskipun memiliki tingkat ketebalan yang sama dengan kanvas ring.

Produk jaket dari bahan kain kanvas sueding umumnya terlihat lebih elegan dan trendy sehingga dapat dikenakan untuk berbagai keperluan baik pria maupun wanita dari berbagai kalangan usia. Selain itu jaket kanvas sueding juga terkenal awet dan tahan lama jika dirawat dengan baik dan benar.

Sebagai pakaian penutup tubuh paling luar. umumnya jaket tidak langsung menempel pada kulit. Jadi tidak perlu sering-sering mencuci jaket tersebut karena lama kelamaan warnanya akan memudar dan bahan jaketnya juga akan semakin tipis. Jika ada noda yang mengotori jaket anda. cukup dibersihkan dengan air saja
.
SUBSCRIBE UNTUK BERLANGGANAN
Lihat lebih banyak lagi tentang beragam aneka jenis bahan tekstil. Kelebihan dan manfaat apa saja dari bahan utama kain yang sering dipergunakan.

0 Response to "Mengenali 4 Jenis Aneka Bahan Tekstil Kanvas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel