Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spesifikasi Versi OS Android Cupcake-Jelly Bean Hingga Versi Teranyar Naugat

Smartphone Android Pertama kali diperkenalkan oleh beberapa ahli lT pada periode 2003, kemudian pada periode tahun 2005 Google mengakuisisi sistem operasi yang dinilai sebagai OS terbaik di dunia hingga saat ini.

Versi Android diawali dengan dirilisnya Android beta pada bulan November 2007. Versi komersial pertama, Android 1.0, dirilis pada September 2008. Android dikembangkan secara berkelanjutan oleh Google dan Open Handset Alliance (OHA), yang telah merilis sejumlah pembaruan sistem operasi ini sejak dirilisnya versi awal.

Sejak April 2009, versi Android dikembangkan dengan nama kode yang dinamai berdasarkan makanan pencuci mulut dan makanan manis. Masing-masing versi dirilis sesuai urutan alfabet, yakni Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0-2.1), Froyo (2.2-2.2.3), Gingerbread (2.3-2.3.7), Honeycomb (3.0-3.2.6), lce Cream Sandwich (4.04.0.4), Jelly Bean (4.1 -4.3), KitKat (4.4+), Lollipop (5.0+), Marshmallow (6.0+), hingga yang terbaru adalah Nougat (7.0+) dan selanjutnya versi android terbaru yang ditunggu-tunggu adalah Android 0 (8.0+).

Pada tanggal 3 September 2013, Google mengumumkan bahwa sekitar1 miliar perangkat seluler aktif di seluruh dunia menggunakan OS Android.


Keyakinan tersebut sangatlah tidak berlebihan karena terbukti hingga saat ini hampir semua gadget seperti tablet dan smartphone sekarang menggunakan sistem operasi berbasis android.

Google yang sekarang merajai dunia smartphone menjadi yang terdepan dalam pengembangan sistem operasi android. Sejak pertama dikembangkan android telah berkembang pesat dan mengalami pemutakhiran beberapa kali, hingga saat ini versi android sangat banyak sekali, di antaranya adalah Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, dan Marshmallow.

Dalam ulasan kali ini saya akan menjelasan apa saja perbedaan macam-macam dari versi android dan beberapa versi sistem operasional berbasis android yang tersemat dalam smartphone atau pun gadget lainnya.
Os Versi Cupcake

Cupcake
Pertama adalah cupcake (1.5) yang dirilis Mei 2009. Dalam versi ini adalah pertama kalinya Google menjadikan nama makanan sebagai nama OS android. Sebagai versi yang sudah lawas, perlu diketahui bahwa versi ini adalah pengembangan dari versi 1.1, perubahan dalam versi ini dinilai cukup banyak, di antaranya adalah pengunggah video ke youtube, aplikasi headset nirkabel, tampilan keyboard di layar, serta tampilan gambar-gambar bergerak yang atraktif, dalam versi ini mulai diperkenalkan widget yang dapat dibesar dan kecilkan ukurannya.
Os Versi Donut


Donut
Versi donut (1.6), versi ini dirilis 4 bulan setelah cupcake dilempar ke pasaran. Tentunya versi pembaruan dari versi sebelumnya ini memiliki banyak perkembangan di antaranya adalah pada bagian fitur pencariannya yang lebih bersahabat, selain itu juga sudah mendukung untuk jaringan EVDO/ CDMA. Versi ini juga sudah bisa menayangkan indikator baterai pada Iayar. Ditambah Iagi di versi ini kita juga sudah bisa menentukan file-file yang ingin dihapus, zoom in dan zoom out, dan di setiap tampilan gambar juga mulai bisa digunakan.

Os Versi Eclair

Eclair
Versi eclair (2.0). versi ini diluncurkan 3 bulan setelah cupcake. Pengembangan versi eclair ini merupakan penanda dobrakan platform android di pasar iptek, dan membuat banyak perusahaan smartphone yang tertarik menggunakan produk besutan dari Google ini. Dalam versi ini terdapat perkembangan yang tak kalah baiknya dengan versi sebelumnya, di antaranya pengoptimalan google maps, perubahan browser dengan bantuan HTML, daftar kontak, flash untuk kamera 3,2 MP, tak ketinggalan juga fitur kamera digital zoom, dan blutooth 2.1. versi ini juga menyediakan update di antaranya versi 2.0, 2.0.2, dan 2.1.
Os Versi Froyo

Froyo
Versi froyo (2.2). versi ini dirilis 5 bulan setelah versi eclair merajai pasar, tepatnya 20 Mei 2010. OS ini pertama kali diaplikasikan pada google nexud one. 08 versi ini memiliki beberapa update yang tak kalah menarik dibandingkan versi sebelumnya, di antaranya adalah pembenahan aplikasi serta tampilannya, penambahan kapasitas micro SD juga sudah dapat dinikmati dalam versi ini. Dalam versi ini juga ditambahkan adobe flash player, sehingga 10.1. Dalam perkembangannya versi ini sering disejajarkan dengan iOS, dan diperkirakan akan bersaing ketat hingga beberapa tahun ke depan.

Os Versi Gingerbread

Gingerbread
Versi gingerbread (2.3). versi ini dirilis 7 bulan setelah versi sebelumnya melejit, dalam versi ini sudah dapat dinikmati layanan video call, secara tampilan OS ini lebih menarik karena sudah menggunakan dual camera, ditambah lagi dalam versi gingerbread sudah dapat dinikamti layanan games berbasis mobile android. Terjadi banyak peningkatan dibandingkan versi sebelumnya, versi ini dirancang untuk meningkatkan kualitas game dan aplikasi yang Iebih mumpuni. Terdapat beberapa versi update di antaranya adalah versi 2.3.3 dan versi 2.3.7. Versi ini memiliki pengguna yang sangat banyak dibanding versi OS Iainnya.

Os Versi Honeycomb

Honeycomb
Versi honeycomb (3.0-3.1). pada bulan Mei 2011 versi ini dilepas ke pasaran, smartphone pertama kali yang menggunakan versi ini adalah Motorola Xoom. Versi ini didesain untuk penggunaan tablet yang mulai naik daun. Halaman pengguna yang digunakan dalam versi ini sangat berbeda dari smartphone Iainnya. Keunggulan dari versi ini adalah hardware semakin besar, sehingga tablet semakin nyaman ditangan pengguna.

Os Versi Ice Cream Sandwich

Ice Cream Sandwich
Versi ice cream sandwich (4.0). versi ini dirilis pada tahun yang sama, yaitu bulan Oktober tahun 2011. Dalam versi android ini disematkan berbagai fitur yang Iebih banyak daripada versi sebelumnya, antara Iain adalah fitur yang memaksimalkan fotografi, grafis, resolusi gambar, kualitas video, sistem penganal wajah, dan masih banyak fitur-fitur menarik Iainnya yang dapat menarik konsumen.

Os Versi Jelly Bean

Jelly Bean
Versi jelly bean (4.1-4.3). Versi ini adalah salah satu versi OS yang sangat digandrungi oleh masyarakat dewasa ini. Raksasa smartphone yang pertamakali menggunakan OS ini adalah vendor asal Taiwan (ASUS). Keunggulan dari OS ini di antaranya adalah peningkatan kemampuan on-screen keyboard yang lebih cepat dan responsif dan beberapa fitur-fitur menarik lainnya yang disinyalir lebih menarik daripada versi sebelumnya.

Os Versi Kit Kat

Kit Kat
Versi kitkat (4.4). Versi ini dirilis pada 4 September 2014, keunggulan dari versi ini di antaranya adalah resolusi yang dinilai dapat meningkatkan fitur-fitur game berbasis 3D.

Os Versi Lollipop

Lollipop
Versi lollipop (5.0). Versi ini memfokuskan pada desain dan performa, sehingga lebih nyaman digunakan, ditambah adanya kapasitas baterai yang lebih tinggi daripada versi sebelumnya. OS ini dinilai lebih baik apabila digunakan untuk gaming, dan aplikasi-aplikasi yang memerlukan resolusi tinggi.

Os Versi Marshmallow

Marshmallow
Versi marshmallow (6.0). Yang mejadi sorotan utama dari OS paling baru ini adalah native finger scanner support serta indivdual app permission. Native finger scanner support akan memberikan dukungan kepada vendor smartphone untuk menampilkan fiture finger scanner pada produk gadget milik mereka dengan bantuan OS teranyar ini. Individual app permission pada OS ini akan memberikan akses khusus pada user untuk menentukan apakah aplikasi tersebut mendapat izin dari pengguna gadget. Dari fitur-fiur yang disediakan dari OS seri Marshmallow ini dinilai memiliki tingakat privasi yang sangat tinggi.

Nah bagi kalian yang penasaran dengan versi baru dari Google, yaitu Android Naugat, yang belum lama ini di perkenalkan dan mulai banyak digunakan oleh banyak type smartphone.

Os Versi Naugat

Naugat
Versi terranyar Naugat (7.0). Sistem Operasi Android terbaru yang sudah lama di perbincangkan oleh para pengguna Android yaitu Android Nougat 7.0 sudah mulai digunakan oleh smartphone-smartphone terbaru seperti samsung 88.

Mengingat Android Nougat 7.0 merupakan sistem operasi terbaru sehingga banyak para pengguna yang belum mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh Android Nougat 7.0, berikut beberapa kelebihan dari Android Nougat 7.0

Performa
Android memperbarui sistem Operasi yang mempengaruhi performa pada smartphone yang kita gunakan diantaranya yaitu pengompilasi JIT (Just In Time) yang dapat meningkatkan performa perangkat runtime dan mengurangi kapasitas ruang penyimpanan yang diperlukan oleh aplikasi. Selain itu pengompilasi JIT terbaru dari Android ini mampu mempercepat proses update aplikasi dan sistem pada smartphone kita.

Android Nougat juga memiliki Mode VR, seperti yang kita ketahui VR adalah salah satu device tambahan yang digunakan untuk menonton film yang dapat mengantarkan kita ke dunia baru, namun mode VR ini mendukung untuk smartphone yang memiliki fitur Daydream.

Android juga menambahkan API Vulkan pada sistem Operasi terbarunya ini yang membuat tampilan grafls 3D pada smartphone kita semakin baik dan tampak hidup dengan grafis yang Iebih tajam.

Produktivitas
Android Nougat 7.0 memiliki fitur terbaru yaitu mode bagi layar yang dapat memungkinkan para penggunanya untuk menampilkan dua aplikasi sekaligus dengan mudah. Kalian bisa menonton film atau youtube sambil membalas chat yang ada pada BBM, Line atau Whatsapp.

Notiflkasi
Mungkin bagi kalian yang sering terganggu dengan notifikasi yang tiba-tiba masuk saat kalian bermain game, pada Android Nougat kalian dapat dengan mudah mengontrol notifikasi yang muncul, dengan cara tap and hold pada notifikasi yang ingin kalian ubah.

Selain itu pada notifikasi Android Nougat kalian dapat langsung membalas chat langsung pada kolom notifikasi, sehingga kalian tidak perlu membuka aplikasi untuk membalas chat yang masuk.

Android Nougat membuat para penggunanya nyaman dengan cara menggabungkan semua notifikasi dari aplikasi yang berbeda, sehingga tampilan pada jendela notifikasi tidak menggangu penggunanya.

Privasi & Keamanan
Androd Nougat 7.0 dirancang agar smartphone lebih efisien dengan Booting yang lebih cepat, Android Nougat membuat para penggunanya tidak perlu menunggu lama saat merestart smartphone nya.

Selain itu Android Nougat juga menambahkan Enkripsi berbasis file yang dirancang pada platform keamanan terbaik. Dengan enkripsi pada level file Android Nougat dapat menyekat dan melindungi file kalian dengan lebih baik pada smartphone kalian.

Android Nougat 7.0 juga memiliki sistem keamanan terbaru yaitu Trusted Face yang merupakan bagian dari Smart Lock, yang memungkinkan para penggunanya untuk mengunci smartphonenya hanya dengan wajah.

Aksesibilitas
Android Nougat 7.0 memiliki penambahan pada fitur aksesibilitas yang memungkinkan para penggunanya untuk mengkonfigurasi fitur aksesibilitas Iebih mudah pada smartphone baru. Kalian dapat mengubah ukuran font, ukuran Iayar dan TalkBack secara Iangsung pada saat smartphone pertama kali dinyalakan.

Pada fltur Aksesibilitas Android nougat tidak hanya dapat mengubah ukuran teks pada smartphone kalian, tapi kalian juga bisa mengubah ukuran semua elemen Iayar seperti ikon dan gambar pada smartphone kalian.

ltu lah beberapa kelebihan dari sistem operasi terlama hingga terbaru yang dimiliki oleh Android, bagi kalian yang menggunakan smartphone Android mungkin kalian bisa menunggu hingga mendapatkan update sistem operasi Android Nougat 7.0.

Demikian ulasan mengenai penjelasan perbedaan macam-macam versi android, semoga menjadi pertimbangan bagi para pengguna gadget.

Berlangganan via Email