Ketahui Kenapa HP Batam Bisa Murah...

Saya rasa di sini sudah pada tahu ya dengan yang namanya Hp Batam? tapi walaupun begitu masih banyak juga pertanyaan tentang Apa itu Hp Batam.

  • Apa Itu Hp BATAM.?
  • Kenapa Hp Batam bisa murah.??
  • Apakah Hp Batam itu resmi???
Alasan kenapa di batam produk elektronik harganya bisa murah
Kenapa Bisa Hape Batam Bisa Murah?
Kali ini saya akan bahas kenapa Hp batam itu bisa murah.

Secara umum Hp Batam sama saja yaitu Hp yang di jual di kota Batam. Tapi Hpnya berbeda yang biasa di jual di konter daerah kamu.

Karena Hp batam itu rata-rata adalah Hp second/bekas dari luar negeri, awalnya di Batam hanya menjual Hp second dari negara tetangga yaitu Singapura tapi semakin kesini Hp seken Batam yang dijual dipasaran semakin beragam bukan hanya dari Singapura saja tapi juga dari negara lain seperti Jepang bahkan Amerika terlihat dari logo-logo di Hp yang sering ditemui yaitu docomo dari Jepang dan juga Verizon itu adalah operator dari Amerika.

Nah Hp seperti itu biasa disebut Hp X Inter, tapi tidak semua hp x inter itu dari Batam yah..😊

Karena ada juga misalnya.. Contoh orang Indonesia bekerja di luar negeri dan membawa pulang Hp,  Hp itu ex internasional tapi bukan dari Batam.

Kenapa Hp Batam Murah ?
Apakah Resmi.??


Barang BM atau Black Market biasa disebut penyelundupan yaitu barang yang dijual secara sembunyi-sembunyi untuk menghindari pembayaran pajak atau Bea Cukai.

Nah untuk Hp Batam Menurut saya bukan termasuk barang BM, karena Batam termasuk kawasan perdagangan bebas di Indonesia yaitu sebuah kawasan perdagangan dan pelabuhan yang berada di dalam wilayah Indonesia yang diperlakukan kebijakan melalui penghapusan atas rezim bea dan cukai berikut halangan non-tarif serta pajak pada perdagangan internasional.
Alasan kenapa harga barang dari batam bisa lebih murah Indonesian Free Trade Zone
Indonesian Free Trade Zone
Karena Kota BATAM Termasuk KAWASAN PERDAGANGAM BEBAS INDONESIA (Bahasa Inggris : Indonesian Free Trade Zone) adalah sebuah kawasan perdagangan dan pelabuhan yang berada dalam wilayah Indonesia yang diperlakukan kebijakan melalui penghapusan atas rezim bea dan cukai berikut halangan non-tarif serta pajak pada perdanganan Internasional.
Sumber : Wikepedia

Bisa lebih murah, jadi wajar ya.. karena tidak adanya Bea Cukai dan juga pajak dan tentu Hp Batam pun bukan termasuk barang ilegal selama barang tersebut hanya dijual dan juga dipakai di Kota Batam.

Tapi berbeda lagi kalau Hp Batam tersebut langsung dijual ke kota lain tanpa melalui pajak, itu bisa disebut illegal. Misal Anda liburan ke Batam terus Anda beli Hp di sana 10 unit dan dibawa pulang ke daerah anda itu bisa disebut penyelundupan atau tidak resmi. Karena daerah  Anda bukan termasuk kawasan perdagangan bebas indonesia.

Tapi ya memang tidak mungkin juga bisa membawa Hp dari Batam 10 unit, karena ketika kita sampai di bandara ataupun di pelabuhan itu selalu dilakukan pengecekan, dan biasanya setiap orang tidak diperbolehkan membawa Hp lebih dari 5 unit, 2 unit untuk dibawa dan 3 unit di dalam bagasi karena jika lebih dari itu anda bakal jadi tersangka penyelundupan dan akibatnya Hp yang anda beli bisa disita dan tentu anda akan berurusan dengan pihak berwajib, jadi hati-hati ya kalau ingin membawa oleh-oleh Hp dari Batam.

Terus, Bagaimana Dengan Hp yang Saya Beli online Dari Seller Batam.?


Sedangkan Daerah Saya Bukan Termasuk Indonesia Free Trade Zone Apakah tidak Resmi.??

Setahu saya jika kita beli online dari seller yang berada di Batam, seperti barang yang sering di promosikan melalui media online itu bukan termasuk tidak resmi karena saya pernah tanya kepada salah satu seller Batam kenapa biaya retur itu dikenakan ongkir Rp 200.000 sedangkan ongkir dari jakarta ke batam saja hanya sekitar Rp 30rban.?

Nah jawabannya karena setiap Hp yang dikirim keluar dari Batam itu semua sudah dikenakan pajak jadi 200.000 itu sudah ongkir dan juga termasuk pajak. Jadi Hp yang kita beli melalui online itu sudah memberi pajak, yang berarti Hpnya itu bukan barang ilegal.

Oh iya adapun pajaknya itu per unit, jadi kalo misal kita beli 100 unit Hp Batam pajak dan ongkirnya bisa mencapai 20 juta loh. Untuk informasi tambahan sebenarnya jika langsung beli Hp dari Batam paling bedanya tipis sekitar 100 sampai Rp 300.000 /unit jika di bandingkan dengam harga normal di jakarta.

Jadi kalo hanya sekedar untuk pakai sendiri lebih baik beli saja langsung dari gerai ponsel resmi atau konter dimana kita bisa langsung cek fisik.

Posting Komentar untuk "Ketahui Kenapa HP Batam Bisa Murah..."