History E-Commerce C2C Tokopedia Mobile Marketplace...

Situs e-Commerce Mobile Marketplace Tokopedia.com
Merupakan salah satu pusat perbelanjaan daring di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daringm Sejak diluncurkan hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis".

Tentang situs ecommerce mobile market tokopedia

Dengan visi "Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet", Tokopedia memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring.

   Sejarah   
Sejarah situs ecommerce tokopedia
Sejarah Tokopedia
Tokopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.

PT Tokopedia mendapatkan pendanaan awal dari PT lndonusa Dwitama pada tahun 2009. Pada tahun tahun berikutnya, Tokopedia kembali mendapat suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010) Cyber Agent Ventures (2011) Netprice (2012) dan SoftBank Ventures Korea (2013).

Pada Oktober 2014, Tokopedia menjadi perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI). Pada April 2016, Tokopedia kembali dikabarkan mendapatkan investasi sebesar USD 147 juta atau sekitar RD 1.9 triliun.

Pada bulan Agustus 2017, Tokopedia menerima investasi sebesar USD 1,1 milyar dari Alibaba. Dikabarkan bahwa keputusan ini dilakukan agar Alibaba dapat semakin memperluas jaringannya di Indonesia dan Asia Tenggara setelah sebelumnya membeli saham Lazada.

Berkat peranannya dalam mengembangkan bisnis daring di Indonesia, Tokopedia berhasil meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor e-Commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc. pada tanggal 11 Desember 2014. Pada 12 Mei 2016, Tokopedia terpilih sebagai Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016.
TOKOPEDIA
Jenis Situs:
  • Situs web
  • Portal web
Bahasa: Indonesia, Inggris
Pemilik: PT Tokopedia

Pencipta: William Tanuwijaya, Leontinus Alpha Edison

Slogan: Sudah Cek Tokopedia Belum? (2014-2017)
Ciptakan Peluangmu (2015-2017)
Semua Dimulai dari Tokopedia (2017-sekarang).
Situs web: www.tokopedia.com

Peringkat : 293 (hingga Desember 2016)
Alexa.
Komersial: Ya

Daftar akun: Diperlukan untuk menjual atau membeli.
Status: Aktif

   Jenis Produk   
Jenis aneka produk situs ecommerce tokopedia
Jenis Produk Tokopedia
Tokopedia.com menawarkan jutaan produk yang terbagi dalam 21 kategori besar, meliputi:

● Pakaian
● Fashion & Aksesoris
● Kecantikan
● Kesehatan
● Rumah Tangga
● Dapur
● Perawatan Bayi
● Handphone & Tablet
● Laptop & Aksesoris
● Komputer&Aksesoris
● Elektronik
● Kamera, Foto & Video
● Otomotif
● Olahraga
● Office & Stationery
● Souvenir. Kado & HadiziDDoah
● Mainan & Hobi
● Makanan & Minuman Buku
● Software
● Film, Musik & Game

Hingga Januari 2015, terhitung Iebih dari 1.200 kategori produk tersedia di Tokopedia.com.

   Sistem Pembayaran   
Jenis sistem pembayaran marketplace tokopedia
Pembayaran Tokopedia

Sistem Pembayaran Tokopedia

Sistem pembayaran di Tokopedia.com menggunakan sistem Rekening Bersama atau escrow. Dalam hal ini Tokopedia.com berperan sebagai pihak ketiga yang menengahi antara penjual dan pembeli, sehingga dapat meminimalisir terjadinya tindak penipuan. Hingga awal tahun 2017, terdapat 2 macam kategori pembayaran yang dapat digunakan untuk bertransaksi di Tokopedia.com, yaitu sistem pembayaran instan dan sistem pembayaran manual. Sistem pembayaran instan Tokopedia yaitu kita tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran karena pembayaran sudah otomatis terverifikasi.

Sitem pembayaran instan terdiri dari :
■ Mandiri clickpay
■ Mandiri e-cash
■ BCA KIikPay
■ Klik BCA
■ e-Pay BRI
■ BRI Virtual Account (BRIVA)
■ BNI Virtual Account
■ Indomaret
■ Alfamart
■ Pos Indonesia Kartu Kredit
■ Cicilan
■ Saldo Tokopedia

Sedangkan sistem pembayaran manual Tokopedia adalah kita sebagai pembeli harus melakukan konfirmasi pembayaran (per tanggal 18 Nopember 2016, kita tidak perlu Iagi melakukan konfirmasi pembayaran, asalkan nominal yang kita transfer sudah sesuai dengan nominal yang diberikan untuk kita bayar, biasanya mengandung angka unik dibelakang nominal harga dan ongkos kirim) terdiri dari :

  • Transfer ATM
  • Setoran Tunai
  • Internet Banking
  • Mobile Banking

   Brand Ambassador   
Merek Pendukung Mobile Market Tokopedia
Brand Ambasador Tokopedia
Pada tanggal 12 November 2014, Tokopedia secara resmi mengumumkan Chelsea Islan sebagai brand ambassador yang merepresentasikan Tokopedia Sejak 21 Oktober 2015, Isyana Saraswati menjadi brand ambassador yang mewakili Tokopedia.

   Teknologi   
Teknologi situs ecommerce marketplace tokopedia
Teknologi Tokopedia
  • Versi awal Tokopedia yang dibangun tahun 2009 menggunakan bahasa pemrograman Perl, database Oracle dan webserver Apache dengan mod_perl. Seiring perkembangan waktu‚ sekitar tahun 2015, Tokopedia mengganti mesin databasenya dengan PostgreSQL. Selain pergantian database server, webserver Tokopedia pun belakangan berganti menggunakan Nginx.
  • Di tahun 2015, arsitektur platform Tokopedia sudah berganti dari yang sebelumnya monolitik menjadi berbasis microservices. Pemilihan bahasa program pun mengalami perubahan, walaupun belum 100%, sebagian sistem Tokopedia sudah dibangun menggunakan bahasa program Go.
  • Tokopedia juga menggunakan beberapa Iayanan berbasis cloud, contohnya: S3 (untuk storage) dan Cloudsearch, keduanya dari Amazon Web Services.

Posting Komentar untuk "History E-Commerce C2C Tokopedia Mobile Marketplace..."