Beragam Kegunaan Dari Bahan Kain Parasut Sesuai Kebutuhan

Kain Parasut merupakan salah satu kain yang memiliki banyak warna, dan tekstur. Umumnya kain ini terbuat dari konstruksi benang poliester.

Mengenali Jenis Bahan Kaian Parasut

Membicarakan tentang kain parasut mungkin Anda langsung berpikir mengenai terjun payung.

Mengenali Jenis Bahan Kain Parasut

Alat yang digunakan dalam kegiatan terjun payinh biasanya disebut parasut. Kata parasut berasal dari kata Bahasa Perancis “para” (melindungi) dan "chute" (jatuh). Karenanya, parasut sebenarnya berarti "perlindungan waktu jatuh".

Kain parasut mempunyai banyak varian dan biasanya tergantung dari finising dari kainnya, umumnya bersifat anti air. Kain ini cocok digunakan saat musim hujan dan ada yang tidak (plain). Hal ini tergantung dari lapisan (coating) yang dikenakan pada kain tersebut Dulunya kain parasut terbuat dari sutra namun saat ini kain parasut dibuat dari bahan polyester dan nilon. Kadang dilapisi dengan silikon untuk meningkatkan kinerja dan konsistensi.

Bahan kain parasut biasa digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya bahan untuk baju training, bahan untuk jaket, aksesoris dan untuk berbagai keperluan seperti bahan untuk lampion cantik, dan banyak lain lain.

Kain parasut yang dibuat busana memiliki manfaat untuk melindungi tubuh anda dari percikan air hujan maupun angin yang biasanya dipakai untuk membuat jaket.
Jaket Berbahan Kain Parasut
Jaket Water Proof
Untuk kain parasut yang anti air saat anda memakai jaket parasut maka air hujan tidak sampai kedalam tubuh anda karena mempunyai sifat yang kedap air (waterproof).

Tips untuk Anda sebaiknya anda jangan menggunakan busana berbahan kain parasut pada siang hari, apalagi ketika matahari terik sedang memancarkan panasnya, jika hal itu dilakukan maka anda akan merasakan kepanasan karena kain parasut yang bersifat anti air yang mengekang udara.

Di samping melindungi diri dari air, busana atau jaket berbahan parasut banyak juga diminati oleh para bikers. Para bikers yang biasanya sering kita lihat ketika melakukan touring atau sekedar keliling-keliiing kota terlihat banyak yang memakai jaket parasut karena ada yang memiliki sifat kedap air maupun tahan angin. Model dari jaket parasut sendiri terbilang cukup fashionable dengan banyakny warna.

Baca Juga : 16 Jenis Aneka Bahan Tekstil

Kain parasut juga sering dibuat untuk mukena, biasanya kain ini terlihat mengkilap dan mudah kusut. Kain parasut juga ada yang dibuat untuk busana wanita berupa jenis abaya ataupun gamis. Kain parasut juga dibuat untuk bahas tas khususnya tas untuk wanita maupun pria.
Tas Berbahan Kain Parasut
Sumber : Carousell.com
Dalam segi perawatan kain parasut mudan dalam perawatan. Hal yang perlu diperhatikan adalah jika ingin disetrika gunakan panas yang rendah.

Beragam Jenis dan Pungsi Kain Parasut.

Dilihat dari pungsi dan manfaatnya, kain parasut tergolong banyak sekali manfaatnya bagi kebutuhan manusia, terutama sebagai perlindungan ketika turun hujan. Bahan baku pembuatnya hampir dapat dipastikan jika bahan kain parasut ini pada umumnya tidak dapat menyerap keringat sehingga kurang cocok jika dikenakan pada udara panas. Tetapi bahan parasut ini sangat mudah dibersihkan cepat kering dan tidak menimbulkan bau.

Baaca Juga : Jenis Serat Kain Denim (Jeans).

Dinamakan bahan kain parasut karena pada awalnya jenis kain ini digunakan untuk parasut yang dipakai oleh penerjun payung di udara. Namun jenis parasut untuk busana tentu saja kualitas kain dan tingkat ketebalan bahannya berbeda dengan parasut yang dipakai untuk terjun payung.

Baaca Juga : Mengenali 4 Jenis Bahan Kain Kanvas

Kain parasut yang dipakai dalam pembuatan produk konveksi biasanya memiliki tingkat ketebalan dan kekuatan kain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.

Secara keseluruhan bahan parasut mengandung plastik. Beberapa ada yang tebal kuat serta lembut, namun ada juga bahan parasut yang tipis kasar bahkan tembus pandang. Mau tahu jenis-jenis kain parasut apa saja yang dapat digunakan untuk pelengkap kebutuhan kita?.

Kain Parasut Biway
Berbagai Pungsi Parasut Biway
Sumber : fitinline.com
Bahan parasut biway tergolong bahan yang mempunyai sifat menahan air (water repellent). Kain parasut jenis ini mempunyai lapisan bawah berwarna putih dengan permukaan bagian atasnya mempunyai motif.

Kain Parasut Ripstop
Pungsi dari Parasut Ripstop

Kain parasut ripstop merupakan jenis kain parasut yang memiliki coating (lapisan anti air) bening/transparan dengan tektur kotak-kotak. Kain ini biasa digunakan untuk membuat tas maupun jaket.

Kain Parasut Oxford
Parasut Oxford
Sumber : Indonesia Alibaba.com
Kain parasut oxford sebenarnya termasuk kedalam jenis kain poliester yang memiliki tektur kain berbentuk jalinan oxford yang memberikan sensasi berstekstur pada permukaannya. Karakteristik bahannya tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Disisi lain kain ini juga tidak memiliki sifat anti air.

Kain Parasut Silver
Parasut Silver
Kain parasut silver merupakan jenis kain parasut yang terkenal kuat, tahan lama dan mempunyai sifat water resistant yaitu tahan air pada kondisi air mengalir (bukan menggenang). Sesuai dengan namanya bagian buruk dari kain ini umumnya berwarna silver yang merupakan coating (pelapis anti air).

Kain Parasut Super
Tekstil Parasut Silver

Kain parasut super merupakan jenis kain parasut yang permukaannya mengkilap. Jenis kain parasut ini tidak memiliki sifat waterproof atau water-resistant. Biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat bendera, mukena dan Lainlain.

Kain Parasut Balon
Tekstil Parasut Balon

Kain Parasut jenis ini bersifat waterproof karena memiliki coating jenis Balon. Kain ini biasanya digunakan untuk kepentingan outdoor seperti tenda payung maupun coat dan jarang digunakan untuk sandang.

Kain Parasut Kusut
Telstil Parasut Kusut

Seperti namanyajenis kain ini merupakan kain parasut yang memiliki tekstur bergelombang/kusut lembut, dingin dan licin. Jenis bahan ini biasa digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan hammock karena memiliki sifat waterproof (anti air).

Kain Parasut Coating Bening

Kain parasut bening sebenarnya termasuk kedalam jenis bahan parasut yang mempunyai coating bening (transparant) di bagian buruk bahan kainnya sementara bagian baik kainnya tetap berwarna. Kain ini mempunyai sifat water-resistant sehingga sangat sesuai jika digunakan untuk membuatjaket atau keperluan sandang.

Kain Parasut Tipis
Tekstil Parasut Tipis

Kain parasut tipis merupakan jenis kain parasut yang mempunyai tekstur menyerupai kain parasut super namun tidak mengkilap. Jenis kain ini tidak waterproof water-resistant. Penggunaan biasanya untuk kain furing jaket.

Kain parasut tipis yang dikenal pula sebagai bahan parasut furing ini dikenal sangat tipis sehingga lebih sesuai jika digunakan sebagai bahan pelapis atau furing padajaket. Untuk membuat model jahitan kotak diagonal atau memberikan kesan tebal pada jaket bahan ini biasanya dikombinasikan dengan dakron.

Kain Parasut Milky
Tekstil Parasut Milky

Kain parasut milky yang bias digunakan untuk membuat jaket/ keperluan sandang (bukan untuk keperluan outdoor seperti tenda) termasuk kedalam jenis kain parasut yang mempunyai sifat water-resistant (tahan air dalam kondisi air mengalir bukan menggenang). Kain parasut ini mempunyai coating milky (warna putih susu).

Kain Parasut Metalik
Tekstil Parasut Metalik

Kain Parasut Metalik termasuk kedalam salah satu jenis bahan kain parasut water-resistant yang biasanya dipakai untuk jas hujan atau pelindung pembungkus benda-benda supaya tidak basah. Berbeda dengan kain waterproof jenis kain water-resistant hanya tahan air pada kondisi air mengalir (tidak menggenang).

Posting Komentar untuk "Beragam Kegunaan Dari Bahan Kain Parasut Sesuai Kebutuhan"