Disqus

Kekurangan dan kelebihan Lazada Bagi Seller dan Reseller

Lazada  adalah salah satu situs jual beli online yang ada di Indonesia, situs ini berasal dari Jerman, aplikasi mobile-nya di luncurkan pada tahun 2012 silam aktif hingaa saat ini berpartisipasi meramaikan pasar daring di Indonesia.

Siapa yang tidak tahu Lazada, mendengar sebutan lazada saja kita akan langsung terfikir ke salah satu aplikasi jual beli online yang ada di playstore. Banyak dari para Pebisnis, UKM dan Online shop lainnya memanfaatkan jasa Lazada sebagai salah satu ladang usahanya di bidang pemasaran. Bukan saja para penjual yang bisa menikmati inovasi yang diberikan oleh Lazada, para buyer-pun ikut diuntungkan dengan hadirnya lazada sebagai sarana belanja yang aman dan tentu lengkap.
Kelebihan dan kekurangan Lazada bagi penjual dan pembeli
Kelebihan dan Kekurangan Lazada
Dalam hal branding atau merek terkenal memang lazada tempatnya. Namun dibalik inovasi yang ditawarkan oleh Lazada untuk para penggunanya, saya rasa tidak terlalu banyak diminati oleh kebanyakan orang indonesia. Kecuali mereka yang memiliki usaha lumayan besar dan memiliki perangkat pendukung seperti Pc.

Dimana yang sudah kita ketahui bahwa Indonesia memiliki sejarah singkat mengenai jual beli online yang luar biasa ketika ponsel Blackberry beredar di Indonesia, memanfaatkan pesan layanan Blackberry messenger sebagai cara berkomunikasi antara penjual dan pembeli secara langsung. Nah menurut sudut pandang saya pribadi orang indonesia lebih menyukai opsi ini. Fitur ini sudah di terapkan di dalam Situs e-Commerce lain seperti Tokopedi, Bukalapak dan Shopee.id sebagai salah satu kelebihannya dimana pembeli dan penjual dipertemukan.

Kembali ke topik pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Lazada. PGSJJAKARTA.COM sendiri pernah mendaftar di Lazada untuk mempromosikan produk dagangan namun hanya bertahan dalam 2 bulan saja, karena alasan tidak sesuai dan terlalu banyak memakan waktu.

Banyak dari opini lainpun menyebutkan bahwa menjadi bagian dari lazada penuh dengan suka dan duka, dalam artian ada kelebihan dan ada kekurangan, memang itu adalah suatu kewajaran, namun kita sebagai penggunanya wajib mengkoreksi kekurangan yang dimiliki agar menjadi lebih baik...

Kelebihan Lazada Bagi Pembeli

1. Belanja di Lazada Beraneka Ragam Produk Tersedia
Jika kita pergi kesuatu toko yang menjual sedikit jenis barang tentu akan membuat kita berfikir kalau ditoko tersebut kurang bagus untuk melakukan transaksi pembelian, logikanya karena barang yang di jual relatif sedikit. Nah di Lazada terdapat banyak sekali barang dan beraneka ragam walaupun masih didominasi oleh produk elektronik. Barang selain eletronik juga tersedia peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat kecantikan dan lain-lain. Jadi kita bisa langsung belanja banyak produk di lazada.

2. Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan
Diskon merupakan salah satu hal yang sangat bikin menarik perhatian para konsumen karena konsumen dapat menghemat uang. Lazada beberapa hari terakhir ini seringkali memberikan diskon kepada pelanggannya ada yang dikisaran dibawah 10% hingga diskon diatas 30 persen untuk beberapa produk tertentu.

3. Website Yang User friendly
Bagi orang awam belanja ditoko online terkadang menyulitkan dan membingungkan, tapi tidak dengan belanja di lazada. Karena diwebsite mereka memiliki tampilan yang menarik dan navigasi yang jelas serta panduan yang cukup mudah dimengerti sehingga kita sebagai konsumen tidak akan tersasar didalam website mereka. Selain itu di lazada.co.id juga menampilkan produk-produk unggulan sehingga memudahkan konsumen untuk mengetahui barang yang laris dan direkomendasikan.

4. Bebas Ongkos Kirim
Ongkos kirim terkadang menjadi sesuatu yang menakutkan untuk berbelanja online karena cukup mahal untuk barang yang ukurannya besar. Namun Lazada memberikan kemudahan bagi para pelanggannya dengan menggratiskan ongkos kirim ke lebih dari 100 kota di Indonesia dan tentunya ini cukup bagus untuk perkembangan lazada kedepan karena pasti konsumen memilih yang ongkos kirim gratis.

5. Bisa COD (Cash On Delivery)
Terkadang dalam belanja online terdapat beberapa ketakutan seperti barang tidak sampai dan takut ditipu, tapi di pelayanan ini anda dapat melakukan pembayaran di tempat pada saat anda menerima barang sehingga terhindar dari penipuan. Tapi saat ini mungkin sistem COD Lazada baru ada di daerah jakarta dan sekitarnya saja.

6. Pengiriman Barang Cepat
Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang 1a beli cepat sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat, Lazada sepertinya tahu persis kebutuhan konsumen itu oleh karena itu mereka melakukan pengiriman barang yang cepat setelah pembayaran diterima.

Kekurangan Belanja Online Di Lazad

1. Konfirmasi Pemhayaran Cukup Lama
Sebagai pembeli juga tentu ingin segera mendapatkan kepastian dalam berbelanja, saya rasa konfirmasi pembayaran diterima oleh pihak lazada cukup lama sehingga sedikit membuat pembeli khawatir. Sebagai contoh pengalaman saya pribadi saat konfirmasi pembayaran pukul 10 pagi dan baru menerima konfirmasi pembayaran diterima pukul 3 sore tentu ini waktu yang lumayan tapi masih tergolong cepat karena masih pada hari yang sama. Tapi tentu lebih menyenangkan lagi kalau hanya memerlukan beberapa menit saja untuk mendapatkan konmmasi.

2. Fasilitas COD masih helum bisa dibanyak kota
Fasilitas COD yang ditawarkan memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota jakarta dan sekitarnya saja untuk wilayah lain tidak bisa COD, mungkin untuk lebih memuaskan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan tentu fasilitas COD di setiap kota bisa diterapkan.

Kekurangan Lazada Bagi Penjual.

1. Aktivasi Pendaftaran Akun
Menjadi bagiaan dari lazada tidaklah mudah, mungkin bagi mereka yang berwawasan tinggi, bermodal besar dan memiliki banyak waktu tidak masalah. Kenapa bisa begitu? Alasan kenapa bisa dibilang "tidaklah mudah" karen ketika kita baru mendaftar sebagai bagian dari lazada, kita akan mendapatkan pesan email tercantum form yang berisikan perjanjian yang harus di print dan di tanda tangani pakai matrai lalu scan email kemudian kirim kembali ke email lazada. Selanjutnya anda akan mendapatkan pesan interview lain yang membosankan.

2. Menegement Tidak Transparan
Menjual produk di lazada memang suatu hal yang membanggakan dimana lazada adalah salah satu situs besar layaknya Amazone.com yang mencakup jaringan pasar sangat luas. Namun apa jadinya  jika dari pihak lazada tidak transparan dalam hal informasi apapun seperti penjualan, estimasi pengiriman dan hal lain yang mungkin saja merugikan Anda sebagai seller.

3. Pelanggan Adalah Raja
Mungkin Anda tidak terlalu fokus dengan istilah "Pelanggan Adalah Raja",  ketika hendak pertamakali mengajukan permohonan. Sudah banyak dari penjual lain yang mengeluhkan masalah ini, dimana jika pesanan yang telah dikirimkan oleh seller dan masuk ke gudang Lazada lalu dikirim kembali ke pembeli, dan ternyata si pembeli mengajukan komplain karena alasan barang tidak sesuai atau ada kerusakan. Dengan mudahnya pihak lazada akan menerima pengembalian barang tersebut tanpa ada komunikasi terlebih dahulu dengan seller atau si penjual. Hal ini akan berdampak buruk bagi seller yang bermodal kecil karena mau tidak mau harus menerima barang pengembalian.

Mungkin itu saja kelebihan dan kekurangan yang sering di keluhkan oleh para penggunanya, salah satunya adalah Admin PGSJJAKARTA.COM

Harap dicatat :
  • Artikel ini murni 100% bagian dari penilaian saya pribadi. Tidak ada tujuan menjelekan suatu badan  usaha apapun yang berkaitan. Karena setiap orang memiliki sudut pandangnya masing masing, maka dari itu jika ada salah kata bahasa dalam penyampaian mohon di maafkan.

0 Response to "Kekurangan dan kelebihan Lazada Bagi Seller dan Reseller"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel