Kelebihan dan Kekurangan Bukalapak.com

Bukalapak  saat ini termasuk salah satu pasar online tempat jual beli terpopuller di Indonesia, dimana Bukalapak adalah rintisan asli orang indonesia yang bernama Achmad Zaky asal sragen.

Bukalapak diluncurkan pada 10 januari 2010 dan saat ini masuk dalam kategori sebagai salah satu situs e-commerce yang terbaik dalam jajaran marketplace tempat mempertemukan penjual dan pembeli.

Bersama dengan saingannya Tokopedia, Bukalapak turut membangun Indonesia menjadi Iebih baik, khususnya mempermudah dalam usaha jual beli online dan memberi harapan bagi mereka yang membutuhkan jaminan belanja mudah dan aman.

Membangun Indonesia lewat Internet, seperti itulah toko online... sebelum menjamurnya situs ecommerce, mindset akan toko online yang tergolong rentan terhadap penipuan, dan tidak transparan terhapus berkat keduanya.

PGSJJAKARATA.COM  Sudah mulai menggunakan bukalapak dari tahun 2014 lalu, posisi sebagai pelapak dan sering juga membeli beberapa barang dari toko lain.

Sebagai pelapak ataupun pembeli yang sama sama menggunakan jasa bukalapak sebagai sarana belanja online, tidak ada salahnya jika kita mengkoreksi beberapa Inovasi kekurangan fitur yang ada di bukalapak dan memuji kelebihan yang dimiliki oleh bukalapak.

Berdasarkan pengalaman yang selama hampir 3 tahun jualan di Bukalapak sering sekali menemui kesulitan dan mendapati kemudahan artinya kelebihan yang dimiliki bukalapak.
Kelebihan dan kekurangan marketplace jual beli online bukalapak
Kelebihan dan kekurangan Bukalapak.com
Note :
  • Namun saya sampaikan dulu bahwa artikel ini adalah murni 100% menurut sudut pandang saya pribadi dan tidak bisa dijadikan sebagai acuan standar/ kebenaran yang ada.
  • Karena setiap orang memiliki sudut pandangnya berbeda dan memiliki titik kenyamanannya masing masing.

Kelebihan Bukalapak Dalam Berinovasi...

1. Selalu cepat dalam berbenah dan berinovasi, dulu font di bukalapak memang terkesan susah dibaca dan bikin sepet, tapi sekarang sudah Iebih baik, Inovasi di Bukalapak memang salah satu yang tercepat.

2. Menambah gambar produk sangat mudah dan efisien, bisa drag dan drop 5 gambar sekaligus, hemat waktu dan praktis.

3. Manajemen stok sangat-sangat akurat, ketika barang sedang menunggu pembayaran, maka stok dikurangi, apabila batal maka stok dikembalikan... sehingga mencegah pembeli membayar barang yang stoknya habis.

4. Pilihan jasa pengiriman lumayan cepat, juga bisa memilih opsi gratis ongkos kirim dan uniknya jika pelanggan memilih jasa Gosend maka bukalapak akan mencarikan driver secara otomatis.

5. Bisa mengatur diskon di sebuah produk dan pihak Bukalapak juga sering menyediakan promo diskon sehingga meningkatkan kesempatan barang cepat laku.

6. Dana masuk ke bukadompet hanya 1 hari setelah data tracking menyebutkan bahwa barang diterima pembeli.

7. Tampilan transaksi baik itu di aplikasi maupun website sangat simpel dan informatif, mulai dari barang hingga ke detail alamat pembeli.

8. Tersedia BL Widget untuk mempromosikan Iapak ke website lain.

9. Keamanan akun sudah termasuk bagus, kode OTP Otomatis juga sangat membantu dan praktis tanpa harus keluar dari bukalapak hanya untuk menyalin kode tersebut.

10. Gratis fitur premiumnya terlihat lebih jelas.
Kelebihan dan kekurangan situs jual beli online bukalapak
Premium Account Bukalapk
Kekurangan Bukalapak Bagi Pelapak atau Penjual...

1. Warna dasar Merah maroon keunguan yang kurang begitu segar dipandang, sebelumnya malah pakai font yang susah dibaca dan sepet, tapi sekarang lebih baik.

2. SEO kurang begitu bagus bila dicari melalui Google.

3. Pencairan Saldo dari bukadompet relatif Iebih lama, rata-rata Iebih dari sehari dan fitur cairkan dana saja berdekatan dengan lainnya seperti fitur Push, Promoted push dan Premium Acount yang sering kali bikin salah fokus.

4. Ketika mengedit deskripsi barang, selain kotaknya kecil, juga sering Error karena tag tag html yang ikut tercampur dengan tulisan.

5. Aplikasi nya relatif lemot ketika dipakai, lebih berat di ponsel yang meliliki RAM 2Gb kebawah / sering nge-lag.

6. Quick Buyer atau Pembeli yang beli tanpa registrasi, cukup menyebalkan ketika kita tidak bisa mengontak pembeli apabila ada hal yang ingin ditanyakan.

7. Tidak punya fitur preorder, fitur ini membantu pelapak memberi tahu pembeli bahwa produk yang di pesan mencantumkan pengiriman lebih lama.

8. Waktu pemrosesan barang sangat sebentar, hanya 2 hari untuk input nomer resi pengiriman.

9. Memang bukalapak termasuk jarang error, tapi notifikasi orderan masuk sering terlambat, bahkan notifikasi di aplikasi terkesan kurang berguna.

10. Tidak tersedia pilihan untuk memblacklist pembeli. Dan lebih tidak enak lagi jika ketemu pembeli yang ternyata adalah Dropshipper plus menyebalkan.
Kelebihan dan kekurangan inovasi fitur  jual beli bukalapak.com
Kelebihan dan kekurangan Bukalapak.com
Kelebihan Bukalapak Bagi Para Buyer atau Pembeli...

1. Terlepas dari warna tema nya, Navigasi pencarian bisa diatur sesuka hati, dengan dua mode tampilan.

2. Hasil dari pencarian sangat membantu, hampir tidak ada produk Spam, pelapak yang tidak aktif akan dijelaskan secara langsung, secara keseluruhan hasil pencarian sangat bagus dan informatif.

3. Bisa belanja tanpa registrasi, tapi harus hati-hati, baca deskripsi dengan baik.

4. Sering ada promo diskon, terutama saat Hari Libur Nasional.

5. Estimasi biaya kirim tampak jelas dan Iebih mudah, tanpa harus mengklik tombol beli.

6. Mau langsung beli atau ditambah ke keranjang belanja? Ini adalah Pilihan langsung yang jelas menarik.

7. Metode pembayaran dan transfer cukup lengkap dan banyak pilihan.

8. Verifikasi pembayaran melalui transfer juga termasuk cepat.

9. Barang dikirim maksimal 2 hari kerja setelah bayar.

10. Dan yang terpenting, website jarang maintenance, stabil dan anti lag.

Kelemahan atau Kekurangan lain dari Bukalapak Bagi Buyer atau Pembeli

1. Secara keseluruhan, jumlah barang dan penjual serta variasi nya lebih sedikit dibanding toko sebelah.

2. Tidak ada diskusi, sehingga untuk mengetahui info lebih lanjut tentang barang atau pengiriman harus tanya ke penjual langsung melalui chat.

3. Tampilan website terkesan kurang segar, tidak ada garis batas yang kontras antara konten, sidebar dan background.

4. Di aplikasi, halaman beranda cukup berat dan Lag, produk-produk promo otomatis termuat dan ditempatkan di bagian depan. Akan lebih baik kalo di aplikasi menyediakan sektor khusus untuk barang promo yang akan terload apabila calon pembeli mengklik nya.

5. Penjual yang mencantumkan banyak pilihan pengiriman juga sedikit, kebanyakan hanya memajang JNE saja.

6. Anda lagi lihat-lihat produk di sebuah toko melalui desktop, dan tiba-tiba muncul chat dari sang pemilik toko, disitu saya merasa kaget akan lebih baik bila fitur pop up chat otomatis ini bersifat opsional.

7. Respon CS dalam menanggapi permasalahan sangat lama sekali, pengalaman saya, respon bisa sampai 2 hari baru dibalas.

8. Fitur pencarian produk terkadang tidak berfungsi dengan baik, atau loadingnya terlalu lama di website.

9. Di website, Deskripsi produk terletak dibawah gambar foto dan cukup jauh letaknya, akan lebih bagus bila calon pembeli bisa melihat gambar sambil membaca deskripsi-nya.

10. Jangan sampai ada masalah ketika bertransaksi di bukalapak, apalagi bila anda adalah Quick Buyer. Terkadang Quick Buyer menyulitkan diri sendiri dan seller karena tidak mencantumkan ukuran / warna atau tipe produk yang ingin dibeli, dan pembeli tidak bisa dihubungi.

Tak ada sistem yang sempurna, pengguna akan selalu mengapresiasi segala bentuk inovasi yang mempermudah kehidupan manusia, karena itulah prinsip teknologi.
Saya sampaikan sekali lagi bahwa artikel ini adalah murni 100% menurut sudut pandang saya pribadi dan tidak bisa dijadikan sebagai acuan standar/ kebenaran yang ada. Karena pihak bukalapak mungkin saja memiliki inovasi dan trobosan lain dalam waku dekat. Sekian dan Terima kasih

2 komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Bukalapak.com"