Penyebab Ponsel Android Cepat Panas..

PGSJJAKARTA.COM  Pernahkah Anda bertanya kenapa Hp Android cepat panas?

Ya, pada umumnya pertanyaan itu sering di lontarkan oleh orang orang yang memiliki keterbatasan pengetahuan tentang spesifikasi ponsel miliknya sendiri. Hp sering panas biasanya terjadi saat dalam kondisi bermain game, atau aktivitas lainnya secara berlebihan.

Penyebab Hp Android Cepat Panas

Penyebab Hp Android Cepat panas dan solusi cara mengatasi
Penyebab Hp Cepat Panas.
Hal penting yang terkadang belum dimengerti bagi sebagian orang adalah gejala panas pada smartphone itu dianggap hal yang wajar.

Ini bukan disebabkan oleh jeleknya kualitas hp (hp murah cepat panas), hp mahal atau murah semua itu kembali lagi tergantung oleh aktifitas kinerja  handphone itu sendiri. Bahkan Hp mahah sekelas samsung galaxy S6 ataupun S8 misalnya, banyak juga pengguna yang mengeluhkan mengalami panas yang berlebih.

Smartphone Cepat Panas ini adalah perilaku normal, dan sesuatu yang terjadi pada hampir setiap vendor ponsel, baik dengan sistem operasi Android, Iphone ataupun Windows. Sumber panas ini berasal dari baterai ponsel, yang biasanya memanas ketika Anda melakukan aktivitas terus menerus pada Hp, tentu saja prilaku tersebut akan menyebabkan daya batrai handphone digunakan lebih cepat dari biasanya.

Seperti misalnya ketika Anda melakukan panggilan telepon, menggunakan GPS, menonton video, bermain game dan aktivitas lainnya.

Jika ponsel begitu panas dan daya baterai turun secara drastis, itu berarti tanda tanda baterai mulai mengalamai kerusakan. Tapi jika tidak, masalahnya hanyalah dikarenakan penggunaan terus menerus dampaknya telepon akanpanas dan tidak nyaman untuk digunakan disebabkan karena faktor lain. Jika Hp panas, baterai akan terkuras dengan cepat secara tidak normal dan itu akan berdampak buruk pada daya ketahanan baterai.

Baca Juga :

Selain baterai, handphone cepat panas juga disebabkan oleh kerja CPU, RAM, dan perangkat keras lainnya pada hp yang berat. Itulah yang menyebabkan hape dengan spesifikasi rendah cenderung lebih gampang panas jika digunakan untuk mengerjakan aktivitas yang berat secara terus menerus.

Berikut adalah beberapa solusi untuk mengatasi Hp yang cepat panas.


1. Ganti Baterai
Sebagaimana yang telah dijelaskan, jika memang tenaga baterai sering turun drastis, mati mendadak, dan lainnya. bisa dipastikan baterai rusak, itu salah satu penyebabnya. Faktor ini jika tidak secepatnya diatasi seringkali akan menimbulkan hal yang buruk bagi penggunanya.

2. Jauhkan dari Panas
Ya, terkadang panas pada ponsel bukan bersumber dari ponsel itu sendiri, melainkan dari pengaruh luar. Seperti misalnya udara yang memang panas, menaruh di atas televisi, dekat oven, disamping kipas, atau laptop yang mengeluarkan hawa panas, dan Iainnya. Solusinya tentu jauhkan hp Anda dari benda tersebut.

3. Jangan gunakan ketika sedang dicharge (cas)
Menggunakan hp saat dicharge sangat berpotensi menyebabkan hp cepat panas. Selain itu, menggunakan hp ketika dicas akan menyebabkan kerja baterai meningkat dan akan semakin cepat merusak baterai, seperti misalnya menggelembung, dan bahkan meledak.

4. Tutup semua aplikasi dengan benar
Menutup aplikasi adalah solusi terbaik, untuk menghindari hp cepat panas. Baik melalui task manager ataupun aplikasi pihak ketiga. Selain itu, matikan juga koneksi yang tidak diperlukan seperti misalnya bluetooth, wifi, GPS, infrared, dan koneksi lainnya. Juga pastikan Anda berada di lokasi yang mendapatkan sinyal dengan baik, karena Hp yang bekerja terus menerus mencari sinyal biasanya akan menyebabkan panas.

Satu hal yang pasti jangan gunakan lampu led sebagai senter dalam jangka waktu yang lama, ini akan menguras baterai dan membuat hp cepat panas.

Banyak terdapat Aplikasi penghemat baterai seperti mislnya Juice Defender pada android juga bisa dipertimbangkan untuk membantu masalah ini, atau dengan menutup semua aplikasi yang berjalan di iPhone atau Android. Intinya, Anda harus melakukan semua langkah yang membuat kinerja baterai Iebih efisien.

5. Periksa Aplikasi yang terinstal
Kadang-kadang, ada aplikasi yang membuat CPU bekerja terus menerus, dikarenakan adanya aplikasi secara diam diam berjalan dari belakang layar, meski tidak digunakan, atau ada juga yang ternyata berjalan tidak normal dari yang seharusnya. Ini tentu akan menyebabkan kerja baterai yang tidak normal dan akan menyebabkan panas.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memantau kinerja aplikasi melalui task manager bawaan android ataupun menggunakan aplikasi seperti misalnya Watchdog yang akan membantu Anda melacak aktivitas Android. Jadi kalau Hp cepat panas dan Anda tidak mengetahui penyebabnya, mungkin aplikasi tersebut bisa memberikan petunjuk.

6. Jangan "Bekap" Ponsel
Pada beberapa kasus ditemukan bahwa penggunaan Casing plastik atau Jelly tambahan bisa menyebabkan panas yang berlebih. lni mungkin dikarenakan casing menjadi hambatan bagi ponsel untuk meresap udara dingin dan terkadang menghambat pencarian sinyal. Selain casing, bisa jadi ketika ditaruh di dalam tas, kotak peyimpanan, ataupun lainnya. Untuk mengatasinya, cukup dengan buka casing tambahan atau taruh di tempat yang terbuka agar mendapat angin segar.

Aktivitas seperti menonton video ataupun menghidupkan GPS secara terus menerus sebagai penunjuk jalan pasti menimbulkan panas pada semua jenis smartphone. Untuk mengatasinya, Anda perlu menambahkan holder / pemegang smartphone agar tangan tidak memegang handphone terus menerus.

7. Jangan overclock ponsel
Overclocking ponsel adalah salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan smartphone lebih dari kondisi standar, tapi itu akan menggunakan Iebih banyak daya baterai dan panas tentu akan Iebih cepat. Cukup hanya gunakan Set CPU untuk underclock ponsel jika Anda mengalami masalah panas yang konstan.

8. lstirahatkan ponsel
Ini semacam jalan terakhir namun juga yang termudah dan banyak dilakukan oleh pengguna ponsel. Uniknya, memang efektif meredam panas. Caranya adalah, matikan ponsel, Iepas casing belakang handphone dan juga baterai. Tunggu sampai benar-benar dingin setelah itu barulah dirakit kembali dan menghidupkannya Iagi.

Berbagai narasumber berita di media juga mengabarkan bahwa kasus-kasus yang lebih serius terjadi karena hp panas, seperti misalnya handphone samsung, iphone atau vendor lainnya yang memiliki spesifikasi "low quality" jika mengalami hal demikian, rentan terbakar atau meledak. Kecelakaan serius itu terjadi baik ketika digunakan untuk menelpon, ketika dicharge, atau hal lain.

Meskipun saya sendiri tidak pernah mengalami atau menyaksikan secara langsung peristiwa seperti ini, untuk keselamatan dan menjaga dari bahaya yang tidak diinginkan sebaiknya Anda tetap perlu untuk berhati hati ketika menggunakan smartphone yang panas dan menemui gejala tersebut.

Jika ponsel terlalu panas, sering mengalami crash atau shutdown secara acak, dan Anda sudah melakukan berbagai cara yang disebutkan, segera bawa hp ke service centre untuk mengkalim garansi atau ke counter hp terdekat untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan yang lebih baik dari ahlinya.

Tetapi jika hanya terjadi sesekali dan bisa diatasi dengan cara yang sudah di jelaskan, itu berarti hp Anda hanya tidak kuat menangani kerja yang begitu keras. Anda hanya cuma perlu mengistirahatkan hp, merestartnya, dan memberikan sedikit aliran udara bebas yang sejuk dan jika perlu dekakan dengan air conditioner (AC). Memang ini bukan solusi sempurna, namun berbekal pengetahuan mengapa hal ini terjadi, setidaknya Anda bisa menghentikan panas yang terus menerus dan sering terjadi.

Demikian Penyebab dan Solusi Mengatasi HP Android Panas.

Posting Komentar untuk "Penyebab Ponsel Android Cepat Panas.."