Biografi H. Soeprapto Suparno Founder PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir-JNE Express

Jaringan Ekspedisi Nasional Jalur Nugraha Ekakurir atau yang sering disebut dengan singkatan JNE adalah sebuah perusahaan jasa pengiriman barang dan dokumen yang berdiri di Indonesia. Pendiri JNE adalah H. Soeprapto Soeparno.

Pendiri Jasa Kirim JNE dan Tiki H. Soeprapto Soeparno

Sejarah Perjalanan H. Soeprapto Suparno dan Johari Zein mendirikan PT Tiki Jalur Nugraha - JNE Express

Pada tanggal 26 November 1990, H. Soeprapto Suparno dan Johari Zein mendirikan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. Sebagai salah satu divisi dari PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) milik Suparno, untuk mengelola jaringan kurir internasionalnya.

Dimulai dengan delapan orang, termasuk empat prinsipal yang mengisi peran kurir, dan investasi modal awal sebesar 100 juta rupiah, JNE mulai mengambil jurusan bea cukai dan distribusi untuk pengiriman kurir dan kargo yang masuk ke Indonesia.

 
Pada tahun 1991, JNE mengembangkan jaringan internasionalnya dengan bergabung dalam International Air Transport Association (IATA), memfasilitasi layanan pengiriman global, dan menciptakan jaringan perusahaan kurir di Indonesia, Singapura, Jepang, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Hong Kong , dengan membentuk Association Courier Conference of Asia (ACCA).

Meningkatnya persaingan pada awal tahun 1990an mengakibatkan ekspansi domestik, serta perusahaan induk bersaing dengan divisinya sendiri, karena JNE berusaha mempertahankan pangsa pasar lokalnya. Suparno lalu memisahkan JNE dari keterkaitan TIKI pada tahun 1993.

Entitas baru tersebut menetapkan logo dan kebijakan baru yang membedakannya dengan TIKI.

Mengalami pertumbuhan yang pesat, JNE mengakuisisi real estate pada tahun 2002 dan mendirikan JNE Sorting Center di Jakarta dimana pada tahun 2004 juga dilakukan akuisisi kantor pusat JNE.

Biografi Pendiri JNE Express 

H. Soeprapto Soeparno, pendiri sekaligus pemimpin JNE. Beliau lahir di Gunung Menumbing, Mentok, Bangka, provinsi Bangka Belitung pada tanggal 7 Oktober 1934 dan meninggal di usia 81 tahun, pada Selasa, 23 Juni 2015 di rumah sakit VU Medisch Centrum Amsterdam Belanda, pukul 22.15 waktu setempat, setelah menjalani perawatan selama kurang lebih 1 bulan.

Di akhir hidupnya, H. Soeprapto Suparno meninggalkan seorang istri, 6 orang anak dan 12 orang cucu.

Semasa hidupnya, beliau yang dikenal sebagai sosok dengan sifat yang bersahaja dan senang berbagi kepada sesama, merupakan panutan sekaligus orang yang menanamkan prinsip-prinsip dalam budaya kerja seluruh karyawan JNE.

Visi dari pria yang akrab disapa Pak Prapto ini, yaitu “menyambung silaturahmi dan mengantarkan kebahagiaan”, telah melahirkan salah satu perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik nasional terdepan yaitu PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dengan lebih dari 12000 karyawan di seluruh Indonesia. Hingga kini ruh yang beliau tanamkan terus menjadi pedoman bagi kinerja perusahaan.

Salah satu tindakan dan pemikirannya yang berpengaruh besar terhadap kemajuan perusahaan adalah ketika Indonesia sedang dilanda krisis moneter pada tahun 1998.

Tahun dimana terjadi pemutusan hubungan kerja besar-besaran karena keadaaan ekonomi Negara yang sangat lemah, tidak serta merta membuat beliau turut mem-PHK karyawannya. Sebaliknya, saat itu Pak Prapto malah membagikan beras kepada seluruh karyawan karena khawatir dengan karyawan JNE yang juga terkena dampak ekonomi nasional.

Selain itu, Pak Prapto juga memberikan instruksi kepada jajaran manajemen untuk mengajak orang-orang yang terkena PHK membuka gerai JNE atau menjadi agen.

Hal tersebut dilakukan dengan niat untuk membantu sesama agar tetap memiliki pendapatan bagi orang-orang yang kehilangan mata pencaharian.

Langkah dengan niat menolong orang lain tersebut mendatangkan hasil sangat besar yaitu jaringan luas JNE di seluruh Indonesia dari kota-kota besar hingga ke pelosok yang saat ini telah mencapai lebih dari 5000 titik penjualan.

Diawali dengan jaringan yang luas dengan didukung oleh jumlah sumber daya manusia, JNE diakui sebagai perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik nasional terdepan serta mendapatkan banyak penghargaan bergengsi dalam berbagai acara.

Referensi : Facebook JNE

Posting Komentar untuk "Biografi H. Soeprapto Suparno Founder PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir-JNE Express "