Cara Mengatasi Smartphone Android Bootloop (Error System)

Sekarang ini ada banyak sekali hp android yang menawarkan berbagai spesifikasi dan fitur yang mumpuni. Akan tetapi secanggih-canggihnya ponsel pintar yang ada terkadang juga bisa mengalami masalah ataupun eror yang tidak kita ketahui.

Salah satu permasalahan hp android yang cukup sering di keluhkan oleh banyak pengguna adalah gagal booting atau bootloop. Secara umum bootloop ini disebabkan karena adanya kerusakan pada sistem android sehingga perangkat android gagal melakukan startup. Alhasil hp android tidak bisa masuk ke menu home.
CWM Recovery Mode
CWM Recovery Mode Smartphone
Bootloop atau gagal booting pada hp android sebenarnya salah satu permasalahan yang memang kerap terjadi, biasanya masalah tersebut bisa terjadi karena hp gagal dalam melakukan upgrade sistem, kemudian ada pula yang disebabkan karena salah dalam menggunakan firmware android dan bahkan bootloop bisa terjadi saat kita melakukan root namun gagal, sehingga saat di restart atau dinyalakan hanya mampu menampilkan logo atau merek ponsel-nya saja.
Bootloop Asus
Bootloop Asus
Hal tersebut akan terus menerus berulang meskipun kita telah merestart berkali-kali. Oleh sebab itu ada banyak pengguna yang bertanya-tanya bagaimana cara mengatasinya.

Nah, pada artikel kali ini saya akan berbagi tips untuk mengatasi bootloop hp android dengan mudah.
  • Pada dasarnya pertanyaan yang biasa di tanyakan seputar permasalahan tersebut seperti bagaimana cara mudah mengatasi bootloop android?
  • Mengapa android saya saat dinyalakan hanya muncul logo ponsel saja?
  • Mengapa android saya kok tiba-tiba mati?
  • Dan bagaimana caranya supaya hp saya bisa masuk ke menu?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, yang harus kamu ketahui terlebih dahulu adalah apa yang menjadi penyebab kerusakan tersebut sehingga tidak mau booting. Apa karena akibat ganti costume room yang tidak tepat, apa karena terjadi kesalahan saat memodifikasi tampilan sistem, atau mungkin ada penyebab yang lain? Setelah itu barulah kita tahu bagaimana cara mengatasi bootloop hp android dengan tepat.

Berikut ini cara mudah mengatasi android bootloop secara tepat.

1. Android Light Bootloop
Android Light Bootloop adalah salah satu masalah bootloop pada ponsel hp android yang tergolong ringan. Adapun permasalahan tersebut terjadi saat kamu menggunakan ponsel untuk bermain game, menginstal aplikasi atau menonton video tiba-tiba saja terjadi restart atau re-boot sendiri. Dan setelah menyala kembali ternyata hp tidak bisa masuk ke menu melainkan berputar atau berkedip hanya menampiikan logo ponsel saja.

Cara mengatasinya:
Jika kamu mengalami hal serupa, karena permasalahan tersebut terbilang masih bootloop ringan maka kamu bisa memperbaikinya dengan cara melepas baterai ponsel android dan memasangnya kembali. Setelah itu coba nyalakan kembali ponsel, dan biasanya dengan cara tersebut ponsel android sudah bisa booting secara normal.

Baca Juga :     Mengtahui Spesifikasi Perbedaan OS Android Versi Cupcake-Jelly Bean-Lolipop Dan Naugat.

2. Android Medium Bootloop
Masalah bootloop android yang satu ini biasa terjadi akibat dari aktivitas pengguna yang sering mengotak-atik fltur-fltur android dan masuk ke system recovery. karena seperti yang kita tahu bahwa system recovery merupakan bagian terpenting dari sebuah ponsel android, biasanya dari system recovery tersebut kita bisa melakukan rooting ponsel. Jadi memang keadaan sistem tersebut sangat dilindungi, sehingga apabila pengguna mencoba mengotak-atik dan terjadi kesalahan maka bisa berakibat bootloop. Sebenarnya kerusakan ini termasuk bootloop tingkat menengah karena kita bisa memperbaikinya dengan masuk ke sistem recovery untuk membackup ulang.

Mengatasi Layar Hp Tegang Kemungkinan Akan Terjadinya Bootloop

Cara mengatasinya:
Cara mengatasi bootloop tipe medium ini kita memerlukan sebuah Laptop atau PC sebagai media untuk mem-backup data recovery imgae dan file recovery CWM atau aslinya. Akan tetapi cara ini bisa berhasil apabila kita sudah pernah mem-backup data ROM pada hp tersebut. Tapi jika kamu belum pernah mem-backup data ROM-nya, maka kamu bisa mencari data recovery khusus untuk tipe ponsel terebut di google. Sebab jika datanya tidak sama tentu tidak akan bisa di restore seperti semula.

3. Android Hard Bootloop
Android hard bootloop biasanya terjadi akibat dari aktivitas kita saat mengganti Stock ROM yang berbeda, melakukan upgrade sistem operasi atau saat meng-compile APK yang salah. Jadi aktivitas tersebut juga bisa memicu terjadinya bootloop pada ponsel yang kita gunakan. Adapun Ciri-cirinya adalah saat ponsel di hidupkan tidak bisa masuk ke menu dan tidak bisa di utak-atik lagi alias macet total.

Baca Juga :    Cara Konfigurasi Jaringan Samsung J7 Pro Stabil di Jaringan LTE 4G Only 

Cara mengatasinya:
Karena kasus kerusakan yang ini tergolong cukup parah, maka cara mengatasinya bootloop tersebut harus menggunakan Laptop atau PC. Jadi laptop yang digunakan untuk memperbaiki juga harus di instal dengan aplikasi khusus untuk menginstal ulang OS android ataupun untuk melakukan Flasing Rom (firmware). Akan tetapi cara menginstal masing-masing OS android berbeda-beda tergantung merek dan tipe ponsel itu sendiri.

Software yang harus di instal untuk mengatasi bootloop
Beberapa tools software yang harus di instal di laptop untuk membantu cara mengatasi bootloop

Untuk ponsel android yang memiliki fitur voice call dengan processor MTK seperti merek Advan, Mito, Samsung, Axioo, Acer, Beyond, HTC dan Vandroid bisa menggunakan software SP Flash Tool Untuk di instal di laptop untuk menangani bootloop tipe hard tersebut.

Untuk merek ponsel-ponsel terkenal biasanya disediakan software khusus, misalnya seperti ponsel LG dengan KDZ Tool, Samsung Galaxy dengan ODIN, ZTE Tab Light Dengan Sales MultiDL.

Baca Juga :    Cara Mengatasi Kinerja Smartphone Android Lambat (Lemot)

Selain itu cara mengatasi bootloop untuk tablet yang menggunakan Chipset CPU Allwinner seperti beberapa tipe berikut: CyrusPad, Treq Basic, Speed Up, IMO ZS, Websong dan sebagainya bisa menggunakan software LiveSuits.

Cara mengatasi bootloop dengan melakukan Flashing Rom untuk tablet Allwinner dengan MicroSD bisa menggunakan software Phoenix Card Tools.

Untuk melakukan Flasing Firmware pada ponsel Smartfren Androtab, Cube, Troy, Taublet dan gadget yang menggunakan Cpu RockChip sejenis bisa menggunakan software RK BatchTool.

Cara Mengatasi Smartphone Bootloop dengan Cara Booting CWM Recovery

Catatan:
Cara mengatasi booting hp android yang juga bisa dikatakan ampuh, dengan cara masuk ke CWM Recovery. Cara tersebut bertujuan untuk mengembalikan pengaturan android ke settingan pabrik. Dengan kata lain seluruh sistem yang ada akan kembali seperti awal mula. Akan tetapi sebelum melakukan cara tersebut pastikan semua data penting, file foto/video dan file lainnya yang tersimpan pada memori ponsel sudah anda back-up ke media penyimpanan eksternal.

Adapun Berikut Cara caranya yang bisa anda praktekan:

1. Pilih salah satu dari 3 opsi berikut yang bekerja di ponsel android kamu

  • Tekan tombol volume (+) dan Tombol power bersamaan. 
  • Tekan tombol volume (-) dan tombol power secara bersamaan. 
  • Tekan tombol volume (-/+) dan Tombol Menu/Home serta Tombol Power secara bersamaan.

2. Kemudian setelah masuk tampilan recovery mode
Recovery Mode Samsung
Recovery Mode Asus
Gunakan tombol (+) atau (-) Untuk mengarahkan.

Pilih Wipe Data / Factory Reset
Recovery Mode Samsung
Recovery Mode Samsung
Lalu pilih Yes atau Conflrm dengan menggunakan tombol Power.

3. Selanjutnya kamu pilih Yes Delete all user data

4. Terakhir pilih reboot

Jika berhasil layar ponsel akan menyala kembali, tunggu sejenak hingga robot Android selesai memproses kembali ke pengaturan pabrik.

Namun apabila cara mengatasi bootloop di atas masih belum memperlihatkan hasil seperti semula, maka kamu bisa kembali mencoba cara Flashing dengan menyiapkan Firmware khusus untuk merek dan tipe android tersebut.

Semoga dengan cara cara yang sudah dijelaskan diatas bisa bermanfaat dan sekaligus bisa menyelesaikan permasalahan pada ponsel yang mengalami bootloop.

1 komentar untuk "Cara Mengatasi Smartphone Android Bootloop (Error System)"